Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2021, 17:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan berbagai bonus kepada mahasiswanya yang berhasil meraih medali dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Pemberian bonus kepada mahasiswa UNS peraih medali PON XX Papua 2021 diberikan langsung oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dalam acara penyambutan mereka usai pulang dari Papua, bertempat di Ruang Sidang IV Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS, Jumat (22/10/2021) pagi.

Baca juga: UPI Sumbang 73 Medali di Ajang PON XX Papua 2021

Dalam kesempatan itu, Jamal turut didampingi Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS Sapta Kunta dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS Prof. Ismi Dwi Astuti N.

Selain itu, turut hadir pula Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS Rohman Agus Pratomo.

Jamal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas capaian dan kontribusi mahasiswa UNS peraih medali PON XX Papua 2021 yang sudah mengharumkan nama almamater di kancah nasional.

"Suatu prestasi yang membanggakan bagi UNS dan kita doakan di event-event yang akan datang, baik nasional atau internasional, bisa memberikan warna terhadap UNS," kata Jamal dalam keterangan resminya.

Dengan prestasi mereka yang gemilang, Jamal menyebut mereka layak diganjar dengan bonus yang melimpah.

Mahasiwa UNS yang berhasil meraih medali emas di PON XX Papua 2021 mendapatkan pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT), kesempatan untuk studi lanjut gratis hingga jenjang S3 di UNS, dan uang pembinaan sebesar Rp 4,5 juta.

Kemudian, mahasiswa UNS yang meraih medali perak di PON XX Papua 2021, juga mendapat pembebasan UKT, ditambah dengan kesempatan studi lanjut hingga jenjang S2 gratis di UNS dan uang pembinaan sebesar Rp 3,5 juta.

Baca juga: Profesor IPB: Kunyit dan Temulawak Banyak Manfaat untuk Penyakit

"Sedangkan, bagi yang meraih medali perunggu kalian dibebaskan UKT-nya selama berkuliah di UNS dan nanti akan diberikan juga uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta," jelas Jamal.

Sapta Kunta juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Prof. Jamal yang telah mengguyur mahasiswanya dengan bonus melimpah.

Sapta Kunta berharap dengan diberikannya bonus dari UNS dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk berlomba-lomba memberikan kontribusi yang terbaik bagi UNS, baik di perlombaan tingkat nasional maupun internasional.

"Karena kemarin kita banyak yang terkait raihan medali internasional dan mengharumkan nama Indonesia," ucap Sapta Kunta.

Dalam gelaran PON XX Papua 2021, UNS mengirimkan sembilan mahasiswa terbaiknya untuk membela kontingen DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Untuk medali emas di ajang PON Papua 2021 berhasil disabet oleh Janan Salma dari cabang olahraga (cabor) basket, Lukman L. Hakim dari cabor baseball, dan Khoirudin Mustakim dari cabor pencak silat tanding kelas B.

Kemudian, untuk medali perak di ajang PON XX Papua 2021 berhasil dipersembahkan Fauziyyah Rahma dari cabor renang 4×200 meter freestyle relay women, dan Agung Wahyudi dari cabor atletik lompat jangkit.

Baca juga: Mahasiswa Unnes Raih 29 Medali pada PON XX Papua 2021

Sedangkan, untuk medali perunggu di ajang PON XX Papua 2021 dipersembahkan oleh Ashifa’ Helsa dari cabor selam kolam 200 meteer, Nadia Haq dari cabor pencak silat tanding kelas B, dan Adira Kurniawati dari cabor anggar sabel beregu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com