Kompas.com - 22/10/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi kunyit. FREEPIK/WIRESTOCKIlustrasi kunyit.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Guru Besar Ekofisologi Tanaman Fakultas Pertanian IPB, Prof. Sandra Arifin Aziz berbagi manfaat tanaman kunyit dan temulawak untuk mengatasi banyak penyakit.

Manfaat utama tanaman kunyit, dia menyebut, sebagai bahan obat tradisional untuk mengurangi nyeri haid, mengobati asam lambung, menurunkan kadar lemak darah, penurun kolesterol, serta mencegah penggumpalan darah.

Baca juga: Daftar Tokoh Dunia Lulusan Harvard University, Ada Barack Obama

"Tanaman kunyit pun dapat dijadikan sebagai bahan baku industri jamu dan kosmetik," kata Sandra melansir laman IPB, Jumat (22/10/2021).

Guna mendapat rimpang kunyit yang baik, kata dia, aspek yang perlu diperhatikan adalah rimpang kunyit yang berukuran besar, segar, tidak busuk, dan berumur 9-12 bulan.

Di Indonesia, sentra penanaman berada di Jawa Tengah (Jateng) dengan produksi mencapai 12.323 kilogram per hektar.

Menurut dia, tahap-tahap budidaya kunyit dimulai dari bahan tanam, pembibitan, penyiapan lahan, pemupukan, pemeliharaan, panen, pasca panen dan pengemasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ulat penggerek akar, penggulung daun, bakteri rimpang yang busuk, karat daun kunyit, dapat menghambat pertumbuhan kunyit. Gejala pada kunyitnya berbeda pada tiap organisme. Cara pengendalian untuk ulat penggerek akar adalah tanaman disemprot insektsida furadan G-3," jelas Sandra

Baca juga: Dua Alumni IPB Bagikan Kisah Sukses Jadi Wirausaha

Dia menambahkan, waktu terbaik panen kunyit adalah pada umur 11-12 bulan, saat gugurnya daun kedua atau musim kemarau.

Kandungan air dalam rimpang sudah sedikit sehingga memudahkan proses pengeringan.

Menurut Sandra, proses pasca panen kunyit adalah penyortiran basah, pencucian, perajangan, pengeringan delapan persen kadar air, penyortiran kering, pengemasan pada wadah udara, dan diakhiri dengan penyimpanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.