Kompas.com - 02/07/2021, 17:40 WIB
Universitas Sebelas Maret Surakarta Situs UNSUniversitas Sebelas Maret Surakarta
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) gelombang kedua untuk program sarjana tahun 2021.

Pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) gelombang kedua dimulai pada 30 Juni hingga 10 Juli 2021 mendatang.

Baca juga: 5 Tips Kelola Sisa Makanan agar Tak Jadi Sampah ala Pakar UNS

Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Hadiwiyono mengatakan, seleksi mandiri UNS adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Adapun pendaftaran gelombang kedua ini dibuka untuk Seleksi Mandiri Jalur Ujian yaitu jalur seleksi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.

"Melalui jalur Seleksi Mandiri Jalur Ujian ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT tahun 2021, atau Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh UNS," ucap dia melansir laman UNS, Jumat (2/7/2021)

Untuk persyaratan mengikuti SMJU adalah mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2021 yang diselenggarakan LTMPT tahun 2021 dan Ujian Tulis (UTUL) UNS tahun 2021.

Lalu memiliki prestasi non akademik (jika ada), antara lain sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya pada tingkat provinsi/nasional/ internasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA.

Bisa juga dengan Sertifikat Hafidzul Al-Quran (minimal 15 Juz) atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA.

Seleksi Mandiri jalur ujian tulis UNS dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Saintek dan Soshum dengan ketentuan peserta dapat memilih dua Program Studi (Prodi) Sarjana.

Baca juga: Sulistiyono, Doktor Pertama Lulus dari Prodi Ilmu Keolahragaan UNS

Jika Prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, dipersyaratkan peserta memiliki sertifikat hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Saintek atau kelompok ujian Campuran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.