Kompas.com - 02/07/2021, 17:16 WIB
Materi dari Dirjen Dikti Prof. Nizam mengenai implementasi Kampus Merdeka untuk sumber daya manusia unggul. Tangkapan layar Zoom Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP)Materi dari Dirjen Dikti Prof. Nizam mengenai implementasi Kampus Merdeka untuk sumber daya manusia unggul.
|

KOMPAS.com - Bangsa Indonesia kini sedang menyiapkan sumber daya manusia unggul dan berkualitas. Tujuannya tak lain agar cita-cita menuju generasi emas 2045 bisa tercapai.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah memanfaatkan bonus demografi yang bakal dimulai pada 2030 mendatang. Lantas, bagaimana caranya?

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Prof. Nizam ialah dengan pendidikan.

Baca juga: Dirjen Pendidikan Tinggi Ungkap Pentingnya Membangun SDM Berkualitas

Tak hanya dari jenjang pendidikan dasar dan menengah saja, tetapi kini masyarakat diajak untuk berinvestasi di pendidikan tinggi.

"Pendidikan itu penting jika Indonesia ingin jadi negara maju. Hanya saja, tantangannya masih cukup berat," ungkap Nizam pada webinar Program Fellowship Jurnalisme Pendidikan angkatan kedua secara daring, Jumat (25/6/2021).

Adapun kegiatan tersebut digelar oleh Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) berkolaborasi dengan PT Paragon Technology and Innovation.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demi sumber daya manusia unggul

Lebih lanjut, Prof. Nizam menyebut ada beberapa tantangan nasional. Seperti demokratisasi dan transformasi sosial, kesenjangan, kemiskinan, ketergantungan produk impor, dan lain-lain.

Kendati demikian, pihaknya terus berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut dengan pendidikan yang berkualitas. Salah satunya dengan Program Kampus Merdeka.

Di Kampus Merdeka itu dia berharap melalui pendidikan tinggi mampu menciptakan SDM unggul.

"Sekarang mahasiswa bisa kuliah lintas prodi selama satu semester. Ini gunanya agar mahasiswa bisa mengembangkan potensi diri melalui pembelajaran yang fleksibel," ungkapnya.

Baca juga: Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan: Hati-hati Menulis Berita Prestasi Anak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.