Kompas.com - 02/07/2021, 16:05 WIB
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Institut Teknologi Sepuluh Nopember

KOMPAS.com - Calon mahasiswa, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka pendaftaran gelombang III di tahun 2021.

Setelah resmi menerima 3.061 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP), ITS kembali memperlebar kesempatan bagi calon mahasiswa melalui Program Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) dan Seleksi Mandiri Program Sarjana Terapan.

ITS membuka program kelas internasional tersebut untuk 17 program studi (prodi) ditambah tiga prodi yang membuka program joint degree, sehingga calon pendaftar memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan di program ini.

Baca juga: Universitas Brawijaya Buka Jalur Mandiri Gelombang 2, Ini Syarat dan Biaya

Program Kelas Internasional

Program IUP membuka pendaftaran gelombang 3 pada tanggal 1 – 8 Juli 2021, kemudian dilanjutkan dengan sesi online interview pada 13 Juli 2021. Untuk kelulusannya sendiri akan diumumkan pada 16 Juli 2021.

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Admisi ITS, Unggul Wasiwitono ST, program studi yang paling banyak diminati untuk program IUP adalah Manajemen Bisnis, Teknik Informatika, dan Teknik Industri.

Program studi yang ditawarkan pada IUP antara lain adalah Statistika, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, dan Teknik Geofisika.

Selain itu, terbuka juga untuk Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Elektro, Sistem Informasi, serta Manajemen Bisnis.

Dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut mengungkapkan, berkuliah di kelas IUP ITS memberikan akses pada para mahasiswanya untuk dapat memilih salah satu dari beberapa pilihan international exposure.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Beasiswa Unggulan 2021, Kuliah Nol Rupiah

“Antara lain adalah studi ekskursi, magang di perusahaan internasional atau multinasional, pertukaran mahasiswa, summer course, serta beberapa program studi membuka pilihan joint degree yang memungkinkan mahasiswanya untuk mendapatkan gelar ganda dari kedua institusi,” jelasnya seperti dirangkum dari laman ITS, Jumat (2/6/2021).

Pada program joint degree, sedari awal akan diajar oleh pengajar dari ITS dan dosen kampus mitra yang bahkan datang langsung ke ITS saat sebelum masa pandemi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.