Kompas.com - 22/06/2021, 17:16 WIB
Ilustrasi Sepak Bola Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi Sepak Bola Indonesia
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sulistiyono menjadi doktor pertama yang lulus dari Prodi S3 Ilmu Keolahragaan FKOR UNS. Dia lulus cumlaude dengan nilai IPK 3,80.

Hasil gelar doktor yang didapat, setelah Sulistiyono mengutarakan disertasi yang disusunnya selama 20 menit.

Adapun judul disertasinya, yakni "Pengembangan Model Latihan Berbasis Games Experience Learning untuk Mengembangkan Keterampilan dan Karakter pada Siswa Sekolah Sepak Bola Umur 9-12 Tahun (Studi Pengembangan pada SSB di Kab. Sleman)".

Baca juga: 3 Dosen dan 1 Tendik UNS Meninggal Usai Kena Covid-19

Sidang terbuka promosi Doktor Ilmu Keolahragaan FKOR UNS atas nama Sulistiyono, dipimpin langsung oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho yang bertindak sebagai ketua dewan penguji.

Jamal didampingi Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKOR UNS, Rony Syaifullah selaku sekretaris, Prof. Sugiyanto selaku promotor, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Pascasarjana UNS, Prof. Agus Kristiyanto selaku co-promotor, dan Dekan FKOR UNS Sapta Kunta selaku co-promotor.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali hadir sebagai penguji secara daring pada Selasa (22/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Turut hadir juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sumaryanto dan Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Nurhasan yang bertindak selaku penguji dari luar UNS.

Zainudin Amali mengapresiasi hasil penelitian dari latihan games experience learning yang dipaparkan oleh Sulistiyono.

Dia menyebut, penelitian Sulistiyono dapat dijadikan sebagai jawaban merosotnya prestasi tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

Baca juga: Intip Biaya Kuliah Prodi Soshum Universitas Brawijaya Jalur Mandiri

"Judul disertasinya ini menarik karena ini menyangkut soal sepak bola. Apa yang disampaikan promovendus bahwa 30 tahun prestasi sepak bola kita belum sesuai harapan atau belum menggembirakan," sebut dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X