Kompas.com - 25/06/2021, 18:13 WIB
Sejumlah siswa kelas 4 SDN 05 Jagakarsa menjalani kegiatan belajar tatap muka pada Rabu (9/6/2021) pagi. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOSejumlah siswa kelas 4 SDN 05 Jagakarsa menjalani kegiatan belajar tatap muka pada Rabu (9/6/2021) pagi.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memastikan tetap akan menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Juli 2021.

Meski demikian, pelaksanaan PTM terbatas tidak bisa dilakukan di zona oranye atau merah.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: PTM Terbatas Opsi Terbaik

Pada saat menjalankan PTM terbatas, ada dua alternatif pembelajaran di masa Covid-19.

"Dua alternatif pembelajaran tersebut digunakan dengan tujuan bisa mengurangi risiko penularan Covid-19," tulis akun Instagram Kemendikbud Ristek @kemdikbud, Jumat (25/6/2021).

Alternatif pertama, yakni pembelajaran di luar kelas.

Pembelajaran yang dimaksud adalah sekolah bisa memanfaatkan belajar di luar kelas untuk mengoptimalkan sirkulasi udara dan anak-anak bisa merasa lebih nyaman dalam belajar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan yang kedua dengan project based learning.

Dengan alternatif kedua ini, sekolah bisa mengimplementasikan pembelajaran berbasis project (project based learning) dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, meningkatkan rasa keingintahuan yang tinggi, critical thinking, dan kolaboratif.

Tidak hanya masa PTM terbatas saja, dua alternatif ini juga bisa digunakan saat siswa memilih untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah.

Karena, dipastikan tidak semua orangtua yang memperbolehkan anaknya untuk melakukan PTM terbatas, apalagi bila angka penyebaran Covid-19 makin meningkat.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: PTM Terbatas Bukan Berfokus Tuntaskan Kurikulum

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X