Kompas.com - 24/06/2021, 10:56 WIB
Belajar Tatap Muka Terbatas di SMA Negeri 21 Makassar, Jumat (9/4/2021). IstBelajar Tatap Muka Terbatas di SMA Negeri 21 Makassar, Jumat (9/4/2021).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menilai pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas merupakan opsi terbaik yang bisa dilakukan saat ini.

Menurut Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud Ristek Jumeri, jika PTM terbatas dilakukan saat ini, maka bisa mengatasi learning loss.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: PTM Terbatas Tak Berlaku di Zona Merah Covid-19

Karena, kata dia, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di banyak daerah belum optimal,

"Banyak kendala seperti jaringan, kuota internet, ketersediaan gawai, hingga kemampuan pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan PJJ secara daring," sebut dia melansir laman Kemendikbud, Kamis (24/6/2021).

Hingga saat ini, dia mengaku, sebanyak 35 persen sekolah telah menyelenggarakan PTM terbatas.

"Praktik baik sekolah-sekolah tersebut dapat dijadikan contoh bagi sekolah lain yang sedang mempersiapkan PTM terbatas," sebut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia berpesan, agar orangtua tidak perlu khawatir berlebihan pada tahun ajaran baru.

Dia menyatakan, setiap kepala di daerah pasti akan memikirkan kebijakan yang terbaik bagi masyarakat.

"Bagi orangtua, jangan takut dengan PTM Terbatas. Pemerintah tetap mempertimbangkan dinamika dan perkembangan kasus Covid-19 di daerah. Kami menghargai kekhawatiran orang tua," ungkapnya.

Kemendikbud Ristek juga mengapresiasi masukan dan saran berbagai pihak yang tentang pola pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Ini Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Ikuti PTM Terbatas

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X