Kompas.com - 25/06/2021, 17:34 WIB
Ilustrasi sayur dan buah. Semua bagian sayur dan buah bisa diolah secara maksimal. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOWIlustrasi sayur dan buah. Semua bagian sayur dan buah bisa diolah secara maksimal.

KOMPAS.com - Ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM), Toto Sudargo mengatakan hal yang tak kalah penting di tengah maraknya penularan Covid-19 yang semakin merajalela adalah dengan menghadirkan standar gizi sederhana untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh.

Makanan-makanan yang mengandung zat gizi spesifik, terang Toto, berperan langsung dalam menunjang berbagai aktivitas sistem daya tahan tubuh.

Pilihan makanan untuk tingkatkan daya tahan tubuh

Makanan-makanan tersebut, lanjut Toto, di antaranya makanan yang mengandung vitamin C, seperti semua buah segar, sayur segar yang kandungan vitamin C-nya cukup tinggi.

Selain makanan-makanan yang mengandung vitamin C, Totok juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Pilihannya antara lain kecambah, kacang hijau, telur, minyak zaitun dan zink, contoh bahan makanannya jamur, kecambah kacang hijau, udang, daging, slada air, alpokat, serta kacang almond.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Batasi konsumsi gula garam dan lemak sesuai anjuran isi piringku," terangnya seperti dirangkum dari laman UGM, Jumat (25/6/2021).

Sementara untuk menghindari penularan Covid-19 maka cuci buah dan sayur sebelum dimasak atau dikonsumsi dan memastikan lauk dimasak dengan matang sempurna.

Sementara itu, ahli gizi dan auditor makanan dari FKKMK UGM, Fasty Arum Utami menambahkan agar memudahkan untuk mengingat bagaimana kita dapat mengonsumsi aneka ragam pangan, bisa menggunakan metode Isi Piringku.

Contoh untuk menu sehari-hari, lanjut dia, berdasarkan prinsip gizi seimbang menu yang bisa diaplikasikan di rumah adalah menu yang bisa diwujudkan dengan bahan-bahan yang mudah ditemui.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Ia menjelaskan untuk orang dewasa, katanya, kebutuhannya adalah 3 kali makan dan 2 kali camilan. Sedang untuk anak-anak adalah 3 kali makan dan 3 kali camilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X