Kompas.com - 16/06/2021, 18:30 WIB
SheDisrupts Indonesia 2021 Dok. YCAB FoundationSheDisrupts Indonesia 2021

KOMPAS.com - Terlepas dari krisis global akibat pandemi Covid-19, ekonomi Indonesia masih menonjol sebagai salah satu yang tumbuh paling cepat di dunia.

Penggerak utamanya adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang hampir setengahnya dimiliki atau dipimpin oleh perempuan.

Sayangnya, perempuan Indonesia menghadapi hambatan yang lebih tinggi sebagai pengusaha, seperti kesulitan yang lebih besar dalam mengakses dukungan keuangan.

Hambatan-hambatan ini menimbulkan kerugian besar bagi ekonomi lokal yang diperkirakan mencapai USD 135 miliar.

Guna mendukung perempuan lebih berdaya dalam bisnis, YCAB Ventures dan Moonshot Ventures meluncurkan SheDisrupts Indonesia 2021, berkolaborasi sebagai impact investor, bersama dengan Investing in Women (program dari Pemerintah Australia sebagai investor sponsor).

Baca juga: 9 Perguruan Tinggi BUMN Buka Beasiswa Kuliah 100 Persen, Yuk Daftar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program SheDisrupts Indonesia 2021 yang diselenggarakan satu tahun setelah diluncurkannya Indonesia Women Empowerment Fund (IWEF), bertujuan untuk menjembatani kesenjangan yang ada dengan mendukung startup Indonesia yang dipimpin oleh perempuan.

Program ini menargetkan pengusaha perempuan yang mengembangkan solusi dengan fokus khusus pada kesetaraan gender dan pemberdayaan ekonomi perempuan. Kandidat dapat berasal dari dunia teknologi kesehatan, edtech, fintech atau lainnya.

IWEF sendiri hadir untuk mengatasi hambatan pemberdayaan ekonomi perempuan dengan berinvestasi dalam solusi teknologi yang mendisrupsi dan dipimpin oleh pengusaha perempuan.

CEO YCAB Ventures, Stella Tambunan mengatakan program ini menciptakan peluang pendampingan yang sangat penting dalam membantu para perempuan mengatasi banyak hambatan dalam mengembangkan bisnis.

"Setahun setelah peluncuran kami, SheDisrupts Indonesia 2021 memungkinkan kami untuk meningkatkan jangkauan IWEF, yang menjadi dasar bagi kami untuk membangun komunitas pendiri usaha yang suportif, baik pemula maupun veteran, dan untuk menciptakan peluang pendampingan sejawat yang kami tahu sangat penting dalam membantu para perempuan mengatasi banyak hambatan dalam mengembangkan bisnis mereka," ujar Stella dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Beasiswa S2 di Kampus Terbaik Australia, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X