Kompas.com - 16/06/2021, 14:45 WIB
Siswa-siswi SMPN 1 saat mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka yang pernah digelar beberapa bulan lalu. KOMPAS.COM/HENDRA CIPTASiswa-siswi SMPN 1 saat mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka yang pernah digelar beberapa bulan lalu.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim di beberapa kesempatan menyatakan, satuan pendidikan wajib memberikan pilihan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Kebijakan ini selaras dengan SKB 4 Menteri yang dirilis 30 Maret 2021 yang menyatakan, bila pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan sudah mendapatkan vaksinasi, maka satuan pendidikan wajib segera membuka opsi PTM terbatas.

Namun keikutsertaan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas ini sepenuhnya diserahkan kepada pilihan orangtuanya.

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, sebelum mengadakan PTM terbatas, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sekolah.

Baca juga: 10 Prodi Soshum dan Saintek Unpad Paling Ketat di SBMPTN 2021

Selain para guru dan tenaga kependidikan sudah menerima vaksinasi 2 tahap, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan baik dan menjadi tugas serta tanggung jawab bagi kepala satuan pendidikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanggung jawab sekolah saat PTM terbatas

Dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas, kepala satuan pendidikan atau kepala sekolah bertanggung jawab untuk:

1. Mengisi daftar periksa kesiapan PTM di sekolah

Kepala sekolah wajib mengisi daftar periksa kesiapan pembelajaran tatap muka terbatas satuan pendidikan melalui laman DAPODIK bagi jenjang TK, BA, KB, TPA, SPS, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, SKB, dan PKBM atau laman EMIS bagi RA, MI, MTs, MA sebelum memulai PTM terbatas.

Baca juga: 1.899 Calon Mahasiswa Baru ITS Diterima Lewat Jalur SBMPTN 2021

2. Membentuk satuan tugas penanganan Covid-19 di sekolah

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X