Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2021, 18:39 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam pengumuman hasil SBMPTN 2021, Prof. Nasih berpesan agar peserta yang dinyatakan lolos agar mencermati persyaratan dari masing-masing universitas.

Salah satunya yakni proses pendaftaran ulang. Selain itu juga ada syarat lain termasuk aspek kesehatan yang menjadi persyaratan masing-masing program studi.

Melalui akun Instagram resminya, Universitas Indonesia (UI) menjelaskan tata cara registrasi ulang calon mahasiswa baru UI jalur SBMPTN 2021.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan calon mahasiswa baru UI. Yuk simak bersama informasi berikut ini:

Baca juga: Daftar 20 PTN dengan Rerata Tertinggi SBMPTN 2021 Saintek dan Soshum

Tata  cara registrasi uang calon mahasiswa baru UI

Calon mahasiswa baru harus konfirmasi pilihan kelas permohonan mekanisme pengajuan pembayaran

1. Pada tahap ini calon mahasiswa baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN 2021 dapat memilih besaran biaya pendidikan yang hendak dibayarkan. Pilihan pembayaran kuliah S1 reguler dibagi menjadi 2:

  • BOP Berkeadilan: Biaya pendidikan dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa. Terdapat 6 kelas yaitu, kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6.
  • BOP Pilihan: UI juga memberikan kesempatan kontribusi bagi penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa dengan mekanisme penetapan biaya pendidikan sesuai dengan kemauan bayar. Terdapat 5 kelas yaitu kelas 1, kelas 2, kelas 3 dan kelas 4 atau kelas 5.

2. Penjelasan lebih lanjut atas pilihan pembayaran biaya pendidikan, termasuk juga calon mahasiswa pendaftar KIP Kuliah dengan cara login pada laman penerimaan.ui.ac.id dan melakukan konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran.

3. Konfirmasi tersebut wajib dilakukan secara online di laman penerimaan.ui.ac.id dimulai tanggal 14 Juni hingga 18 Juni 2021.

Baca juga: Dua Tumbuhan Ini Bisa Cegah Plak Gigi, Begini Penjelasan Pakar UGM

Pengisian data dan pra registrasi

1. Calon mahasiswa baru yang telah memperoleh Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dapat melakukan Pra Registrasi pada tanggal 14 Juni hingga 24 Juni 2021.

2. Pra registrasi dilakukan pada laman pra-registrasi.ui.ac.id, login dengan memasukkan NPM yang telah diperoleh dan pilihan program studi.

3. Ikuti petunjuk yang disampaikan, isi semua formulir dengan lengkap dan unggah dokumen yang sesuai.

4. Calon mahasiswa baru yang tidak dapat melengkapi isian dan dokumen pada laman pra-regitrasi.ui.ac.id dinyatakan tidak menyelesaikan tahap pengisian data pra registrasi.

Baca juga: Lolos SBMPTN 2021? Peserta KIP Kuliah Harus Lolos Verifikasi Dulu

Pembayaran biaya pendidikan

1. Pastikan calon mahasiswa baru UI sudah mengetahui NPM dan melakukan Konfirmasi Pilihan Kelas (Tahap I). Bagi yang memilih Kelas BOP Pilihan dapat melakukan Pembayaran Biaya Pendidikan (Tahap III) sesuai dengan pilihannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com