Kompas.com - 14/06/2021, 17:23 WIB
Tangkapan layar foto-foto adegan di sinetron Zahra Indosiar, yang melibatkan aktris di bawah umur untuk perankan sosok istri TwitterTangkapan layar foto-foto adegan di sinetron Zahra Indosiar, yang melibatkan aktris di bawah umur untuk perankan sosok istri
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Belum lama ini, media sosial dihebohkan dengan Sinetron Zahra. Karena, sinetron itu banyak menuai kontroversi di masyarakat tentang nikah muda yang seolah menjadi pembenaran untuk menikah dengan anak di bawah umur.

Terkait hal itu langsung ditanggapi oleh Dosen Unair sekaligus Ketua Umum BKKKS Jawa Timur Pinky.

Baca juga: Ini Manfaat Madu Hitam Menurut Pakar Unair

Menurut dia, media atau sinetron di Indonesia cenderung mengutamakan tontonan, namun kurang tuntunan.

"Padahal kita tahu, di luar negeri sekalipun setiap kali ada tontonan selalu ada semacam pemberitahuan terkait pesan edukasi yang ingin disampaikan," ucap dia melansir laman Unair, Senin (14/6/2021).

Dia mengaku, sinetron Indonesia juga minim akan kontrol, termasuk dari segi regulasinya.

"Jadi betul-betul bebas, kebebasan yang tanpa batas, di mana memaknai kapitalisme di dalam informasi komunikasi itu sedemikian rupa seolah-olah tanpa batasan, tanpa panduan, sehingga yang paling dirugikan adalah konsumen," jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menegaskan, sudah waktunya pendidikan karakter itu menjadi hal yang utama dan media harus dikontrol sedemikan rupa, agar tidak menjadi penyebar dari perilaku-perilaku yang tidak beretika.

Dalam sinetron Zahra, sebut dia, masyarakat juga banyak mempersoalkan terkait usia Zahra di dunia nyata, yakni masih 14 tahun, tapi sudah berperan sebagai seorang istri.

Padahal, undang-undang di Indonesia sudah mengatur mengenai batas minimal usia pernikahan.

Baca juga: Unair Masuk 465 Kampus Terbaik Dunia Versi QS WUR 2022

Dalam UU No. 16 Tahun 2019, telah disebutkan bahwa batas minimal usia menikah yakni 19 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X