Kompas.com - 15/06/2021, 16:10 WIB
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Institut Teknologi Sepuluh Nopember
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam perhelatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sejumlah perguruan tinggi menerima mahasiswa baru dengan besaran yang berbeda.

Dalam SBMPTN 2021, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tercatat menerima sebanyak 1.899 calon mahasiswa baru.

Direktur Pendidikan ITS Siti Machmudah menjelaskan, tahun ini jumlah pendaftar SBMPTN yang diterima oleh ITS meningkat sebesar 243 peserta.

Hal ini disebabkan Fakultas Vokasi yang sebelumnya tidak termasuk dalam daftar pilihan, menjadi salah satu opsi pada SBMPTN tahun ini.

Baca juga: Daftar Beasiswa Aperti BUMN, Bisa Kuliah Gratis di Telkom University

Masuk 10 besar nasional nilai rata-rata UTBK tertinggi

Pada SBMPTN 2021, ITS berhasil menduduki posisi ke-7 terbaik rata-rata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi dari program studi Sains Teknologi (saintek) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedang untuk rata-rata nilai UTBK program studi Sosial Humaniora (soshum) menempati peringkat ke-6 nasional.

Menurut Machmudah, peringkat ini patut disyukuri karena dari tahun ke tahun ITS berada pada tren positif dengan selalu masuk di jajaran 10 besar nasional.

"Kedepan, ITS berharap dapat lebih bagus lagi dan bisa masuk kembali ke jajaran tiga besar rerataan nilai UTBK tertinggi," kata Machmudah seperti dikutip dari laman ITS, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Calon Mahasiswa Baru UI, Begini Tata Cara Daftar Ulang SBMPTN 2021

Teknik informatika jurusan paling favorit

Penerima mahasiswa terbanyak dari jalur SBMPTN 2021 yakni Departemen Teknik Informatika sejumlah 95 orang, Teknik Elektro menerima 85 calon mahasiswa baru dan Teknik Mesin sebanyak 81 calon mahasiswa baru.

Machmudah mengungkapkan, dari total calon mahasiswa baru jalur SBMPTN yang diterima, mayoritas berasal dari Provinsi Jawa Timur seperti tahun-tahun sebelumnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X