Kompas.com - 16/06/2021, 10:17 WIB
Ilustrasi menjaga kesehatan gigi dan mulut anak Anut21ng PhotoIlustrasi menjaga kesehatan gigi dan mulut anak
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kesehatan gigi anak merupakan salah satu aset penting yang harus dijaga sedini mungkin. Sayangnya, masih banyak orangtua yang tidak sadar akan pentingnya merawat kesehatan gigi anak tersebut.

Pakar Kesehatan Gigi Anak Universitas Airlangga (Unair), Mega Moeharyono Puteri menjelaskan, kesehatan gigi anak harus mulai dirawat sedari masih di dalam kandungan ibu.

Baca juga: Jokowi Taruh Harapan Penuh kepada Lulusan Perguruan Tinggi

Hal itu dikarenakan gigi susu anak mulai terbentuk pada trismeter ketiga kehamilan.

Sementara itu, gigi dewasa akan mulai terbentuk saat anak menginjak usia 3 bulan setelah lahir.

Sebelum kehamilan, kata dia, calon ibu harus mempersiapkan kesehatan rongga mulutnya terlebih dahulu, seperti, membersihkan karang gigi dan menambal gigi yang berlubang.

"Kemudian, ketika hamil sebaiknya, calon ibu memenuhi kebutuhan kalsiumnya, misalnya, mengonsumsi susu atau keju," ucap dia melansir laman Unair, Rabu (16/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila anak telah lahir, dia mengaku, orangtua harus mulai membiasakan rongga mulut anak dalam keadaaan bersih sejak bayi.

Setelah meminum Air Susu Ibu (ASI), sebaiknya rongga mulut anak dibersihkan menggunakan waslap atau kasa steril yang dibasahi air matang hangat.

"Bila gigi susu telah tumbuh, baru dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi. Untuk anak 1-2 tahun bisa menggunakan sikat gigi silikon dengan pasta gigi tanpa fluoride seukuran butir padi," tutur dia.

Penggunaan pasta gigi tanpa fluoride bertujuan untuk menghindari fluoride tertelan pada saat anak berkumur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X