Kompas.com - 16/06/2021, 09:31 WIB
Foto tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-43 secara virtual, Sabtu (12/6/2021). Youtube Pemprov BaliFoto tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-43 secara virtual, Sabtu (12/6/2021).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaruh harapan yang kuat terhadap lulusan perguruan tinggi Indonesia.

Jokowi mengaku, lulusan perguruan tinggi harus memiliki dedikasi yang kuat untuk kemajuan bangsa, kemanusiaan, serta tolerasi dalam kebhinekaan.

Baca juga: Mendikbud Ristek Kaji Kembali Rencana PPN Sekolah

"Itu watak yang tidak boleh ditawar," ucap Jokowi melansir laman Unpad, Rabu (16/6/2021).

Dia mengatakan, seiring perkembangan dan perubahan yang terjadi dengan sangat cepat di masa depan, lulusan perguruan tinggi harus memiliki karakter dan kemampuan sebagai pembelajar yang kuat.

Menurut dia, memperbarui pengetahuan dan keterampilan sangat dibutuhkan di tengah era kompetisi ini. Tanpa belajar, lulusan akan tertinggal oleh kemajuan iptek yang pesat.

Selain itu, lulusan perguruan tinggi bukan hanya memiliki kemampuan akademik. Akan tetapi juga memiliki kemampuan inovatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Lulusan harus mampu menjadi problem solver terhadap masalah sosial. Karyanya bukan hanya karya ilmiah, tetapi karya yang memecahkan masalah sosial melalui pemanfaatan teknologi, inovasi, dan kewirausahaan," jelas dia.

Untuk bisa mengatasi disrupsi, lanjut dia, lulusan perguruan tinggi perlu dibekali dengan kemampuan menguasai teknologi terbaru.

Jokowi mengatakan, berbagai teknologi terbaru bisa jadi belum dikuasai di perguruan tinggi, tetapi sudah berkembang di industri.

Oleh karena itu, peran serta industri di kampus serta kerja sama antarkampus dibutuhkan dalam penguasaan iptek terbaru.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X