Kompas.com - 16/06/2021, 12:36 WIB
ITC dan ETS (Educational Testing Service) menyelenggarakan program bertajuk ?The Propell Workshops for the TOEIC? dimulai bulan Juni 2021 untuk 1.000 guru bahasa Inggris SMK seluruh Indonesia. DOK. ITCITC dan ETS (Educational Testing Service) menyelenggarakan program bertajuk ?The Propell Workshops for the TOEIC? dimulai bulan Juni 2021 untuk 1.000 guru bahasa Inggris SMK seluruh Indonesia.

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kemendikbud Ristek memberikan perhatian khusus kepada SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan meluncurkan "Merdeka Belajar Episode 8: SMK Pusat Keunggulan".

“Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi mendalam dan menyeluruh,” papar Nadiem, saat peluncuran Merdeka Belajar Episode Kedelapan: SMK Pusat Keunggulan secara online di kanal Youtube resmi Kemendikbud RI pada Rabu (17/3/2021).

Mendukung hal ini, International Test Center (ITC), salah satu social enterpreneur di Indonesia, memberikan perhatian khusus dalam meningkatkan kompetensi guru-guru SMK, khususnya dalam kemampuan berbahasa Inggris.

“Kemajuan SDM Indonesia di dunia global tidak mungkin terjadi tanpa upaya peningkatan mutu para tenaga pendidiknya," ujar Jenny Lee, Chief Operating Officer ITC di Jakarta (16/06/2021).

Jenny melanjutkan, "oleh karenanya, kami akan bekerjasama dengan setiap stake holder yang ada untuk berkontribusi secara nyata dalam mendorong peningkatan mutu tenaga pendidik, khususnya para guru Bahasa Inggris."

"Karena kami yakin, salah satu kunci penting daya saing tenaga kerja adalah kemampuan berkomunikasi secara internasional, khususnya Bahasa Inggris,” tambah Jenny Lee.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama ini, ITC telah aktif dalam program peningkatan kompetensi bahasa asing melalui bantuan ujian sertifikasi internasional kemampuan berbahasa Inggris dengan TOEIC (Test Of English for International Communication) bagi siswa SMK.

Hal ini, ungkap Jenny, telah terbukti memberikan dorongan terhadap motivasi peningkatan mutu pendidikan Bahasa Inggris di SMK.

"Partisipasi yang tinggi dari SMK setiap tahun menunjukan adanya peningkatan kesadaran di SMK akan pentingnya Bahasa Inggris dan sertifikasi yang diakui secara internasional bagi lulusan SMK," pungkas Jenny Lee.

Baca juga: Bantu Siswa Siap Kerja, Direktorat SMK Beri Bantuan Hand Tools

Dedikasi untuk guru SMK

Peningkatan mutu pendidikan Bahasa Inggris di SMK tentunya tidak luput dari peran positif guru Bahasa Inggris di SMK.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X