Kompas.com - 16/06/2021, 15:21 WIB
Ilustrasi olahraga saat pandemi corona, Covid-19. SHUTTERSTOCKIlustrasi olahraga saat pandemi corona, Covid-19.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Peristiwa kolaps saat olahraga menjadi peristiwa krusial yang harus mendapat pertolongan dengan cepat dan tepat agar tidak terjadi kematian.

Pakar Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Andrianto memaparkan pertolongan pertama yang harus dilakukan pada orang kolaps saat olahraga.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan Gigi Anak ala Pakar Unair

"Kejadian kolaps saat olahraga perlu diberikan pertolongan oleh orang yang berada dekat dengan korban," ujar dia melansir laman Unair, Rabu (16/6/2021).

Pertama, kata dia, hal yang harus dilakukan adalah cek kesadaran korban dengan cara melakukan rangsangan memanggil korban atau memberi rangsangan nyeri.

Setelah itu dilanjutkan dengan memeriksa nadi dan pernapasan.

"Pemeriksaan nadi dilakukan dengan meraba nadi pada leher sekaligus melihat, mendengar, dan merasakan hembusan napas korban," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, jika tidak ada respon dari korban, nadi korban tidak teraba serta tidak ada pernapasan. Maka segera panggil tim emergensi sambil memberikan bantuan hidup dasar kepada korban.

"Bantuan hidup dasar yang dapat diberikan oleh penolong berupa mempertahankan jalan napas agar tidak terjadi sumbatan seperti lidah yang sering jatuh. Caranya dengan menengadahkan kepala, mengangkat dagu, dan mendorong rahang," jelas dia.

Baca juga: 5 Mahasiswa Unair Lolos SBMPTN 2021 Berusia 16 Tahun

Setelah itu lakukan pijat jantung luar dan berikan bantuan pernapasan dari mulut ke mulut atau ke hidung.

Jika tersedia alat kejut listrik otomatis, dapat dilakukan tindakan kejut listrik untuk kasus henti jantung akibat gangguan irama pada jantung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X