Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave dalam Prodi Administrasi Bisnis

Kompas.com - 23/04/2024, 08:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Di balik hingar bingarnya K-Wave, seperti BTS Meal, drama Korea, dan kuliner Korea yang menjamur, terdapat cerita besar tentang transformasi ekonomi Korea Selatan. Sebuah kisah inspiratif tentang bagaimana budaya populer menjadi penyelamat bangsa dari krisis.

Hal ini diungkapkan Rektor President University (PresUniv), Handa S. Abidin (3/4/2024) saat memaparkan rencana PresUniv membuka konsentrasi K-Wave di bawah Program Studi Business Administration.

Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event "Seoul Beats on Campus Festival" yang akan digelar di area terbuka di President University Convention Center, Kota Jababeka, Cikarang, Sabtu, 7 Juni 2024.

Festival yang ditargetkan dihadiri oleh ribuan partisipan tersebut juga akan melibatkan berbagai perusahaan asal Korea Selatan, termasuk menawarkan peluang karier di sana.

Handa menjelaskan, K-Wave adalah sebuah gelombang besar yang terencana dan diorkestrasi negaranya dengan sangat rapi.

Handa menjelaskan, “ketika sudah terpikat dengan K-Pop atau K-Drama, kita akan membeli produk turunannya, seperti merchandise, makanan dan minuman, kosmetik, produk kecantikan, atau produk apa pun yang mereka tampilkan."

"Lalu, kita akan datang ke berbagai konsernya, atau ke Korea Selatan untuk mengunjungi tempat syuting dan berbagai lokasi wisata lainnya, serta membeli aneka produknya. Itulah gelombang besar dari K-Wave,” tambahnya.

Handa menyampaikan, hal itu sudah terbukti. “Banyak produk Korea Selatan yang kini mendominasi bukan hanya pasar Indonesia, tetapi juga dunia,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, faktor kunci dari keberhasilan K-Wave adalah inovasi. “Inilah yang akan kita pelajari habis- habisan melalui konsentrasi K-Wave di Presuniv,” ucapnya.

Kata Handa lagi, “Indonesia ingin industri kreatifnya berperan penting bagi perekonomian nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, kita bisa belajar dari cara Korea Selatan mengorkestrasi K-Wave.”

Baca juga: Investasi Netflix dan Korean Wave yang Makin Menjadi

Semangat BTS

Salah satu topik yang akan dipelajari dalam konsentrasi K-Wave adalah tentang BTS atau Bangtan Sonyeondan, boyband asal Korea Selatan. BTS memang fenomenal.

Mereka menjadi satu-satunya grup band yang pernah diundang berpidato dalam Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat, pada 24 September 2018.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com