Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Beasiswa S1-S3 ke Korea Selatan, Ada Tunjangan Hidup

Kompas.com - 13/03/2024, 08:29 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Korea Selatan menjadi salah satu negara di Asia yang kerap menjadi tujuan mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan.

Mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di Korea Selatan, perlu tahu bahwa ada 7 program beasiswa yang bisa kamu coba.

Dengan mendaftar program beasiswa ke Korea Selatan ini, kamu bisa mewujudkan impianmu kuliah ke luar negeri gratis.

Dilansir dari akun Instagram khusus kursus bahasa Inggris @titiknolenglish, Rabu (13/3/2024) menjelaskan 7 program beasiswa S1-S3 ke Korea Selatan yang bisa dicoba mahasiswa Indonesia. Berikut informasinya.

Baca juga: Beasiswa D3, S1-S2 ke Perancis, Ada Tunjangan Rp 14 Juta Per Bulan

1. KAIST Scholarship

Beasiswa S1 ke Korea Selatan ini punya benefit cukup menarik. Mulai dari biaya kuliah, tunjangan penelitian, tunjangan hidup hingga asuransi kesehatan. Persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa KAIST Scholarship antara lain:

  • Pelajar internasional termasuk Indonesia
  • Telah lulus SMA
  • TOEFL iBT 83/IELTS 6.5

Cara daftar beasiswa KAIST Scholarship ini dengan mengirim semua berkas yang dibutuhkan ke Graduate Admission Team KAIST melalui pos.

Periode beasiswa ini dibuka Maret hingga Mei. Informasi lainnya bisa kamu cek di tautan https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/InterApply/Login

2. AMA+ Scholarship

Beasiswa S1/S2 ke Korea Selatan ini menawarkan benefit berupa biaya kuliah, tiket pesawat pulang pergi, kursus bahasa Korea, tunjangan hidup hingga asuransi kesehatan. Persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa AMA+ Scholarship ini antara lain:

  • Warga negara mitra termasuk Indonesia
  • Telah lulus jenjang sebelumnya
  • Diutamakan usia di bawah 40 tahun
  • Memiliki prestasi di bidang seni.

Cara daftar beasiswa AMA+ Scholarship ini dengan mendaftar secara online di situs resmi beasiswa. Sedangkan periode beasiswa ini biasanya di bulan Juni. Informasi lainnya bisa dicek di tautan https://www.karts.ac.kr/en/karts/ama.do

Baca juga: Telkom University Buka Beasiswa S1, Kuliah Gratis sampai Lulus

3. Global Korea Scholarship (GKS)

Beasiswa S1-S3 ke Korea Selatan berikutnya adalah Global Korea Scholarship. Beasiswa ini juga menawarkan banyak benefit bagi mahasiswa yang berhasil lolos.

Mulai dari biaya kuliah, tiket pesawat pulang pergi, tunjangan kedatangan, tunjangan hidup, kursus bahasa Korea, asuransi kesehatan dan hibah penyelesaian. Persyaratan umum untuk mendaftar Global Korea Scholarship ini antara lain:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia maksimal 40 tahun untuk S2 dan 45 tahun untuk beasiswa S3
  • IPK minimal 2,64

Cara daftar beasiswa Global Korea Scholarship ini yakni dengan mendaftar melalui universitas tujuan (untuk Global Korea Scholarship jalur University Track) atau melalui kedutaan besar Korea Selatan di Jakarta (untuk jalur Embassy Track).

Periode beasiswa Global Korea Scholarship pada bulan Maret. Informasi lain bisa dibaca di gksscholarship.com

4. Posco Asia Fellowship

Beasiswa S2-S3 ini juga bisa dimanfaatkan untuk kuliah di Korea Selatan. Beasiswa ini punya benefit berupa biaya kuliah, tunjangan bulanan dan biaya tambahan. Persyaratan umum yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mendaftar beasiswa ini antara lain:

  • Warga negara Asia
  • Tidak memiliki ikatan dinas apapun
  • Bersedia menetap di Korea Selatan selama masa studi

Cara daftar beasiswa ini dengan mendaftar secara online melalui situs resmi beasiswa. Periode beasiswa biasanya di bulan Mei dan Desember. Informasi lainnya bisa dibaca di postf.org atau https://postf.org/?ckattempt=1

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com