Kompas.com - 05/05/2021, 17:23 WIB
Poster drama Korea Black Knight: The Man Who Guards Me VikiPoster drama Korea Black Knight: The Man Who Guards Me
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Hallyu atau Korean Wave semakin berkembang di Indonesia. Salah satu Korean Wave yang banyak digemari masyarakat Indonesia, khususnya remaja perempuan adalah serial drama Korea (drakor).

Korean Wave adalah budaya pop Korea Selatan yang tersebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: Bicara Depan Mahasiswa, KPK: Cetak Orang Jujur Itu Sulit

Pakar Kajian Sinema Universitas Airlangga (Unair), Igak Satrya Wibawa menyebut, tren drama Korea lagi menjamur di Indonesia. Itu yang menyebabkan drama Korea banyak digemari remaja Indonesia.

"Jadi itu menjadi kecenderungan (drama Korea banyak digemari), makanya tren adalah salah satu faktor penting," ucap dia melansir laman Unair, Rabu (5/5/2021).

Selain itu, kata dia, setidaknya ada tiga penyebab drama Korea banyak digemari remaja perempuan Indonesia, yakni:

1. Ada ikatan emosional

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengaku, remaja perempuan menduduki rating tertinggi sebagai penikmat drama Korea. Hal itu karena drakor ditujukan kepada penonton perempuan.

Drama Korea, bilang dia, mengarah kepada ikatan emosional yang secara stereotipe lebih dimiliki oleh perempuan.

Baca juga: 4 Tips Seputar Penggunaan Kawat Gigi ala Pakar UGM

"Tidak hanya drama korea sebenarnya, tetapi konsep drama sejak dulu memang diarahkan ke perempuan. Drama dibuat untuk mereka yang menyukai sentuhan-sentuhan psikologis emosional, dan lebih besar ada pada perempuan," ucap Dosen Kajian Sinema Fisip Unair itu.

Selain itu, para produser drakor juga melengkapi karya drama dengan sajian fisik yang mempesona dan menampilkan alur cerita yang dramatis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X