Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2021, 14:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ditjen Kebudayaan Kemendikbud menerima secara langsung koleksi pribadi dari Wakil Presiden (Wapres) RI ke-6 Try Sutrisno dan Wapres RI ke-9 Hamzah Haz guna menambah koleksi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.

Koleksi diserahkan secara langsung oleh Try Sutrisno dan Hamzah Haz (4/5/2021) kepada Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Kemendikbud Ristek, Fitra Arda, yang didampingi Kepala Museum Kepresidenan Balai Kirti, Dewi Murwaningrum, di kediaman pribadi Try Sutrisno dan Hamzah Haz.

Try Sutrisno dan Hamzah Haz menghibahkan koleksi semasa mereka menjabat Wakil Presiden, dan koleksi-koleksi tersebut nantinya akan dipamerkan dalam rangka memberikan edukasi kepada pengunjung museum.

Try Sutrisno menghibahkan koleksi pakaian sipil lengkap (PSL) untuk laki-laki berupa jas berwarna gelap, pakaian kerja berwarna gelap, peci berwarna gelap, kacamata dan tempatnya.

Selain itu diberikan pula buku berjudul “Kunjungan Kerja ke-27 Provinsi”, Al-Quran, tasbih, dan sandal slop yang sering dikenakan saat beliau menjabat sebagai wapres.

Sedangkan, Hamzah Haz menghibahkan koleksi kemeja, sarung, sorban, peci hitam dan peci putih, serta baju gamis yang sering dikenakan saat beliau menjabat sebagai wakil presiden.

“Kami menyambut baik inisiatif Pak Try dan Pak Hamzah Haz untuk menyerahkan koleksi pribadi yang dimilikinya kepada Museum. Untuk itu, saya meminta kepala Museum agar segera menyiapkan lokasi pamer bagi koleksi-koleksi milik Pak Try dan Pak Hamzah ini, sehingga dapat segera dilihat oleh masyarakat,” kata Fitra Arda.

Baca juga: Beasiswa S1 Pelaku Seni Budaya LPDP Dibuka, Ini Syaratnya

Penyerahan koleksi milik kedua Wakil Presiden ini merupakan bagian dari program kerja Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti dalam hal pengkajian dan pengumpulan koleksi terkait dengan tokoh Wakil Presiden Republik Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan menggali potensi nilai dan informasi koleksi yang akan dipamerkan dan dikomunikasikan kepada masyarakat sebagai bagian dari perjalanan hidup para Wakil Presiden Republik Indonesia.

Ditjen Kebudayaan Kemendikbud menerima secara langsung koleksi pribadi dari Wakil Presiden (Wapres) RI ke-6 Try Sutrisno dan Wapres RI ke-9 Hamzah Haz guna menambah koleksi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.DOK. DITJEN KEBUDAYAAN Ditjen Kebudayaan Kemendikbud menerima secara langsung koleksi pribadi dari Wakil Presiden (Wapres) RI ke-6 Try Sutrisno dan Wapres RI ke-9 Hamzah Haz guna menambah koleksi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.

 

Tahapan selanjutnya dari kegiatan ini adalah kegiatan kajian yang hasilnya akan menjadi rekomendasi dalam menarasikan koleksi tersebut ke dalam tata pamer di Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti.

Koleksi-koleksi tersebut tentunya akan menambah keragaman koleksi dan informasi yang dimiliki oleh Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti.

Museum ini telah menyimpan koleksi enam presiden, mulai dari Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdulrahman Wahid, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca juga: Vaksinasi Seniman, Mendikbud: Agar Sektor Seni dan Budaya Bangkit

 

Try Sutrisno menjadi Wakil Presiden pertama yang menyerahkan koleksi-koleksi milikinya kepada Museum Kepresidenan Balai Kirti.

Museum Kepresidenan Balai Kirti juga berfungsi sebagai wahana rekreasi dan edukasi untuk memperoleh informasi dari sajian memorabilia serta visual dari para presiden dan wakil presiden Indonesia. 

Harapannya, pengunjung bisa menghayati, mengapresiasi, dan meneladani jejak langkah serta prestasi yang telah dicapai oleh masing-masing Presiden Republik Indonesia selama masa baktinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com