Kompas.com - 19/04/2021, 16:57 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim di acara Hari Dongeng Nasional Kemdikbud/Jilan RifaiMendikbud Nadiem Makarim di acara Hari Dongeng Nasional
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada pelaku seniman merupakan bentuk kepedulian Negara dalam melindungi semua kalangan masyarakat agar Indonesia kembali pulih.

"Vaksinasi bagi seniman dan budayawan adalah bentuk kepedulian Presiden Jokowi yang ingin sektor seni dan budaya segera bangkit dan pulih dari pandemi," ucap Mendikbud dalam keterangan resminya, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Mendikbud: Pancasila dan Bahasa Indonesia Tetap Jadi Kurikulum Wajib

Mendikbud mengimbau, kepada pelaku seniman yang belum mendapatkan vaksinasi, agar bersabar hingga tiba saatnya diberikan vaksin oleh pemerintah.

"Kami berharap, para seniman dan budayawan lainnya bisa bersabar menunggu giliran. Pemerintah telah mencanangkan vaksinasi gratis bagi semua," jelas dia.

Pada masa pandemi Covid-19, Kemendikbud telah melakukan sejumlah terobosan yang dilakukan secara cepat dan masif pada bidang kebudayaan.

Dengan tujuan, agar pelaku budaya dan seniman tetap bisa hadir di tengah-tengah masyarakat.

Di antaranya peningkatan kompetensi kepada 962 tenaga bidang kebudayaan, pelestarian 4.822 cagar budaya, dan penetapan dan perlindungan terhadap 458 warisan budaya yang telah didaftarkan.

Lalu ada penetapan 30 desa pemajuan kebudayaan dan 330 karya perfilman dan musik Indonesia.

Selain itu, program seperti Apresiasi Pelaku Budaya, Fasilitasi Bidang Kebudayaan, dan Pekan Kebudayaan Nasional juga telah mendapatkan penerimaan yang positif di kalangan seni dan budaya.

Lanjut Nadiem menyatakan, dirinya bersama Kemenparekraf telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang panduan teknis pencegahan dan pengendalian Covid-19 di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif di pertengahan tahun lalu.

Baca juga: Kemendikbud: 1 Juta Guru Telah Divaksin Covid-19

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X