Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2021, 16:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada pelaku seniman merupakan bentuk kepedulian Negara dalam melindungi semua kalangan masyarakat agar Indonesia kembali pulih.

"Vaksinasi bagi seniman dan budayawan adalah bentuk kepedulian Presiden Jokowi yang ingin sektor seni dan budaya segera bangkit dan pulih dari pandemi," ucap Mendikbud dalam keterangan resminya, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Mendikbud: Pancasila dan Bahasa Indonesia Tetap Jadi Kurikulum Wajib

Mendikbud mengimbau, kepada pelaku seniman yang belum mendapatkan vaksinasi, agar bersabar hingga tiba saatnya diberikan vaksin oleh pemerintah.

"Kami berharap, para seniman dan budayawan lainnya bisa bersabar menunggu giliran. Pemerintah telah mencanangkan vaksinasi gratis bagi semua," jelas dia.

Pada masa pandemi Covid-19, Kemendikbud telah melakukan sejumlah terobosan yang dilakukan secara cepat dan masif pada bidang kebudayaan.

Dengan tujuan, agar pelaku budaya dan seniman tetap bisa hadir di tengah-tengah masyarakat.

Di antaranya peningkatan kompetensi kepada 962 tenaga bidang kebudayaan, pelestarian 4.822 cagar budaya, dan penetapan dan perlindungan terhadap 458 warisan budaya yang telah didaftarkan.

Lalu ada penetapan 30 desa pemajuan kebudayaan dan 330 karya perfilman dan musik Indonesia.

Selain itu, program seperti Apresiasi Pelaku Budaya, Fasilitasi Bidang Kebudayaan, dan Pekan Kebudayaan Nasional juga telah mendapatkan penerimaan yang positif di kalangan seni dan budaya.

Lanjut Nadiem menyatakan, dirinya bersama Kemenparekraf telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang panduan teknis pencegahan dan pengendalian Covid-19 di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif di pertengahan tahun lalu.

Baca juga: Kemendikbud: 1 Juta Guru Telah Divaksin Covid-19

"Kemendikbud hadir melindungi para penggiat dan pelaku kebudayaan di masa pandemi," tutur dia.

Vaksinasi aman bagi masyarakat

Dikesempatan yang sama, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan dengan diberikannya vaksinasi kepada budayawan dan seniman menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia, bahwa vaksinasi itu halal dan aman.

"Kami harapkan dengan mereka divaksinasi bisa juga membantu agar teman-teman yang menyaksikan mereka bisa lebih yakin bahwa vaksinasi itu aman," ucap Menkes.

Menkes menegaskan, pemberian vaksin ini wajib dilaksanakan dan diterima masyarakat.

Pasalnya, pemberian vaksin ini menjadi hal terbaik yang dapat dilakukan pemerintah untuk menghadapi masa Covid-19.

Baca juga: Mendikbud: Kami Berduka Atas Gugurnya Dua Guru di Papua

"Mudah-mudahan contoh dari seniman, budayawan yang antusias menjalani vaksin ini bisa menular, menyebar ke masyarakat dan memberi semangat optimis dan semangat positif bagi masyarakat," harap Menkes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com