Kompas.com - 19/04/2021, 15:16 WIB
Ilustrasi Wisuda ShutterstockIlustrasi Wisuda
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Usia tidak menjadi penghalang bagi seseorang dalam menuntut ilmu. Petuah inilah yang cocok untuk menggambarkan semangat salah satu wisudawan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yakni Wahju Herijanto.

Wahju yang menginjak usianya ke-58 tahun 7 bulan, dia menjadi wisudawan tertua di wisuda ITS ke-123.

Baca juga: Raih IPK 4,00, Bramantya Airlangga Raih Gelar Doktor di ITS

Sekaligus, dia meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna dengan menuntaskan program studi doktor atau S3 di Departemen Teknik Sipil ITS.

Motivasi untuk melanjutkan studi S3-nya bermuara dari profesinya sebagai seorang dosen.

Tepat pada 2013, ketika usianya telah mencapai 50 tahun, Wahju merasa, pendidikan yang lebih tinggi akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan akademiknya.

Meski berat di awal, lambat laun Wahju mulai merasa bahwa menuntut ilmu bukan hanya sekadar tuntutan. Dia yakin bahwa di setiap ilmu, selalu terdapat manfaat.

"Tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat, dan saya mulai menikmati prosesnya," ujarnya melansir laman ITS, Senin (19/4/2021).

Dia mengaku, lulus dari gelar doktor, dia memperoleh IPK 4,00. Tak mudah dia memperoleh pencapaian itu, karena dibutuhkan usaha yang besar.

Setiap ada tugas dan ujian yang ditanggungnya, Wahju selalu menyelesaikannya dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, publikasi jurnal terindeks scopus Q2 yang berhasil ditelurkannya juga menjadi salah satu faktor pendukung sempurnanya IPK yang diraihnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X