Kompas.com - 03/03/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi generasi Z THINKSTOCK/bowie15Ilustrasi generasi Z

KOMPAS.com - Generasi Z didefinisikan sebagai orang-orang yang lahir dalam rentang tahun 1998 hingga 2010. Generasi Z ini memiliki karakteristik yang sudah akrab dengan keberadaan teknologi dan internet.

Dengan karakteristik yang dimilikinya ini, generasi Z mudah terserap di dunia kerja. Apalagi jika membekali diri dengan kompetensi. 

Keberadaan generasi Z dan peluangnya di dunia kerja ini dibahas dalam webinar yang diadakan Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta. Webinar bertajuk Pengelolaan Generasi Z Dalam Dunia Kerja ini menghadirkan pembicara dari dunia Business Enterprise dan Social Enterprise. 

Baca juga: Kominfo-DQLab UMN Buka Beasiswa Belajar Data Science Gratis untuk Umum

Dekan Fakultas Ekonomi USD, Tiberius Handono Eko Prabowo, Ph.D mengatakan, setidaknya ada empat tahap revolusi industri, yang ditandai dengan titik balik besar dari sejarah dunia.

"Mulai dari industri 1,2,3, dan saat ini masuk pada ke-4 abad 21 yaitu adanya internet, layanan 5G, bigdata sampai computer quantum," kata Tiberius mengutip laman usd.ac.id, Selasa (2/3/2021).

Generasi Z butuh kemampuan multi tasking

Dosen Fakultas Ekonomi USD Januari Ayu Fridayani, M.M mengungkapkan, generasi Z sudah menyadari jika dunia kerja itu semakin luas, kompleks, bervariasi, dinamis. Selain itu dunia kerja saat ini juga identik dengan teknologi informasi, digitalisasi, otomatisasi atau robotisasi.

Sehingga generasi Z membutuhkan kemampuan multi tasking, adaptasi dan inovasi.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

"Bagi generasi Z saat ini ada yang duduk di bangku kuliah atau karyawan junior di suatu perusahaan mengingat usianya. Mereka memiliki kesadaran dalam dunia kerja, ada yang merasa cemas, tertantang, optimis, percaya diri, lebih aware bahkan bersikap realistis," papar Ayu.

Menurut Ayu, generasi Z juga menyimpan harapan bagi pemberi kerja. Yaitu berupa penilaian kelayakan bekerja berbasis potensi. Sehingga bisa memberikan kesempatan lebih luas bagi fresh graduates.

Harus manfaatkan peluang yang ada

Salah satu pembicara webinar, Human Capital Director PT. Maybank Indonesia dan Ketua Indonesia Banking HR Forum Irvandi Ferizal menerangkan, perbedaan yang dimiliki tiap generasi dan poin mengenai kunci sukses generasi Z untuk terjun di dunia kerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X