Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo-DQLab UMN Buka Beasiswa Belajar Data Science Gratis untuk Umum

Kompas.com - 23/02/2021, 10:15 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Era transformasi digital yang maju dengan pesat, terlebih pasca pandemi Covid-19, membuat kebutuhan tenaga kerja yang mengerti tentang pengolahan data kian meningkat.

Kini, hampir di seluruh lini bisnis membutuhkan tenaga kerja praktisi data untuk mengolah data perusahaan. Tak main-main, di Indonesia kebutuhan akan praktisi data mencapai angka 9 juta orang.

“Dalam era informasi saat ini, data is the new oil. Ini berarti bahwa data yang diolah menjadi informasi menjadi harta karun yang sangat bernilai strategis untuk pengambilan keputusan dalam bisnis. Untuk itu, data science menjadi skill yang sangat penting," tutur Andrey Andoko, Wakil Rektorat Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Universitas Multimedia Nusantara dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Menariknya, keahlian sebagai praktisi data sangat mungkin untuk dipelajari secara mandiri tanpa harus selalu bergantung pada lulusan dari jurusan tertentu.

Mengarungi era yang didominasi oleh data, DQLab.id yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic mengusung program beasiswa belajar Data Science secara intensif guna memberikan pemahaman Ilmu Data Science secara mendalam.

Program beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama antara DQLab dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Program Beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi pada Professional Academy Digital Talent Scholarship.

Belajar ilmu data gratis

Program beasiswa ini memungkinkan peserta untuk belajar Ilmu Data Science secara gratis dan berkesempatan mengeksplor diri guna meningkatkan kompetensi data.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa Penuh Kuliah Bisnis Perbankan untuk Lulusan SMA-SMK

Melalui Program Professional Academy, peserta juga akan belajar secara mandiri secara daring atau online, dimana peserta dapat mengatur waktu belajar secara mandiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, Professional Academy juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya saing sumber daya manusia di bidang IT.

Tujuan besarnya ialah untuk meningkatkan serta mempersiapkan alih kompetensi SDM Indonesia dengan cara memberikan pelatihan secara online kepada masyarakat yang sedang bekerja agar tercipta tenaga kerja Indonesia yang lebih adaptif dan produktif.

Sertifikasi untuk berkarier di bidang data

Meningkatnya kebutuhan Sumber Daya Manusia yang “melek data” seakan mengharuskan generasi muda untuk memahami serta menjadikan data sebagai salah satu fondasi untuk menjalani era transformasi digital.

Baca juga: Lowongan Kerja Wings Group untuk Lulusan SMA/SMK, D3 dan S1-S2

Dengan demikian, program beasiswa ini diharapkan akan menciptakan insan yang memiliki kualitas daya saing SDM dalam bidang IT.

Keuntungan yang akan didapatkan dengan mengikuti program beasiswa yang diinisiasi oleh DQLab dan Kominfo adalah seluruh partisipan akan mendapatkan sertifikat sebagai bekal untuk melanjutkan karier di industri untuk hadapi studi kasus nyata.

Selain itu, partisipan akan mendapatkan kesempatan belajar gratis untuk menikmati semua materi yang tersedia pada DQLab.

Dengan demikian, Program Beasiswa ini membuka kesempatan untuk seluruh partisipan dalam membangun networking dengan para senior praktisi data.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com