Kominfo-DQLab UMN Buka Beasiswa Belajar Data Science Gratis untuk Umum

Kompas.com - 23/02/2021, 10:15 WIB
Kominfo-DQLab UMN Buka Beasiswa Belajar Data Science Gratis untuk Umum Dok. DQLabKominfo-DQLab UMN Buka Beasiswa Belajar Data Science Gratis untuk Umum

KOMPAS.com - Era transformasi digital yang maju dengan pesat, terlebih pasca pandemi Covid-19, membuat kebutuhan tenaga kerja yang mengerti tentang pengolahan data kian meningkat.

Kini, hampir di seluruh lini bisnis membutuhkan tenaga kerja praktisi data untuk mengolah data perusahaan. Tak main-main, di Indonesia kebutuhan akan praktisi data mencapai angka 9 juta orang.

“Dalam era informasi saat ini, data is the new oil. Ini berarti bahwa data yang diolah menjadi informasi menjadi harta karun yang sangat bernilai strategis untuk pengambilan keputusan dalam bisnis. Untuk itu, data science menjadi skill yang sangat penting," tutur Andrey Andoko, Wakil Rektorat Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Universitas Multimedia Nusantara dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Menariknya, keahlian sebagai praktisi data sangat mungkin untuk dipelajari secara mandiri tanpa harus selalu bergantung pada lulusan dari jurusan tertentu.

Mengarungi era yang didominasi oleh data, DQLab.id yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic mengusung program beasiswa belajar Data Science secara intensif guna memberikan pemahaman Ilmu Data Science secara mendalam.

Program beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama antara DQLab dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Program Beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi pada Professional Academy Digital Talent Scholarship.

Belajar ilmu data gratis

Program beasiswa ini memungkinkan peserta untuk belajar Ilmu Data Science secara gratis dan berkesempatan mengeksplor diri guna meningkatkan kompetensi data.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa Penuh Kuliah Bisnis Perbankan untuk Lulusan SMA-SMK

Melalui Program Professional Academy, peserta juga akan belajar secara mandiri secara daring atau online, dimana peserta dapat mengatur waktu belajar secara mandiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, Professional Academy juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya saing sumber daya manusia di bidang IT.

Tujuan besarnya ialah untuk meningkatkan serta mempersiapkan alih kompetensi SDM Indonesia dengan cara memberikan pelatihan secara online kepada masyarakat yang sedang bekerja agar tercipta tenaga kerja Indonesia yang lebih adaptif dan produktif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X