16 Dunia Usaha Jalin Kerja Sama dengan 6 Lembaga Kursus Pelatihan

Kompas.com - 29/11/2020, 19:29 WIB
Sebanyak 16 Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) menandatangani nota kesepakatan kerjasama dengan enam lembaga kursus dan pelatihan (LKP). DOK. KemendikbudSebanyak 16 Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) menandatangani nota kesepakatan kerjasama dengan enam lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

KOMPAS.com - Sebanyak 16 Dunia Usaha dan Dunia Industri ( DUDI) menandatangani nota kesepakatan kerjasama dengan enam lembaga kursus dan pelatihan ( LKP). Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktur Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Wartanto.

Wartanto mengatakan, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud, memiliki dua target besar, yaitu memperbanyak wirausaha di Indonesia dan mengurangi pengangguran. Strateginya, satuan pendidikan vokasi wajib berkolaborasi, bersinergi dan bekerja sama dengan DUDI.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan 2 Program Merdeka Vokasi

"Jadi jangan hanya tanda tangan MoU saja, karena tanda tangan saja gampang namun dibutuhkan action," ungkap Wartanto melansir laman Kemendikbud, Minggu (29/11/2020).

Menurut dia, di era revolusi industri 4.0, dibutuhkan kompetensi yang berbasis industri bagi para pengajar maupun dosen di satuan pendidikan vokasi.

Sebagai upaya untuk mendorong program reskilling dan upskilling tenaga pendidik, maka Direktorat Mitras DUDI Kemendikbud mengupayakan agar apa yang tercantum dalam kesepakatan kerjasama dapat diterapkan ke dalam kurikulum yang berbasis industri.

"Saya berharap, kegiatan ini juga dapat rebranding pendidikan vokasi melalui pergelaran praktik-praktik baik pendidikan vokasi," jelas dia.

Adapun keenam belas DUDI yang hadir dan menandatangani naskah kerja sama adalah Crown Plaza Jakarta Hotel and Residences, Gran Melia Jakarta, Harris Suites Puri Mansion Jakarta, Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Manager Pelatihan Indonesia (DPP HMPPI), The Mayflower Jakarta Marriot Executive Apartments, Pesona Alam Resort and Spa Bogor, dan Santika Mega City Bekasi.

Kemudian ada The Grove Suites by Grand Aston, Swiss Bellexpress Cilegon, Panorama Hospitality Management, PT Millenium Muda Mandiri, Castle Production, PT Fajar Agung Indo Cemerlang, Swissbell Hotel Bandar Lampung, Sheraton Lampung Hotel, serta Hotel Golden Tulip Springhills.

Sedangkan LKP yang menjalin kerja sama dengan DUDI tersebut adalah LKP IDeA Indonesia, LKP Indonesian Technology-ITECH, LKP Surya Computer, LKP Pelangi Nusa Jaya, LKP Kridawisata dan LKP Indo Dilard.

Selain itu, terdapat satu sekolah yang turut dalam penandatanganan naskah kerja sama tersebut yaitu SMKN 1 Sukadana.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X