Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Kiat Sukses Masuk PTN dari Ketua Majelis Rektor

Kompas.com - 29/11/2020, 10:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyelenggarakan webinar bertajuk "Kiat Sukses Masuk Perguruan Tinggi Pilihan dan Pengumuman Peringkat Sekolah berdasarkan Nilai UTBK 2020".

Adapun webinar yang digelar secara virtual dari Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube LTMPT OFFICIAL, Sabtu (28/11/2020) ini bagi siswa kelas 12 (calon mahasiswa) yang ingin melanjutkan kuliah di PTN.

Salah satu narasumber webinar, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., memberikan paparannya.

"Perkumpulan para rektor perguruan tinggi negeri (PTN) seluruh Indonesia ini memiliki komitmen untuk secara bersama-sama melakukan seleksi calon mahasiswa secara nasional yang sangat kredibel dan akuntabel," terangnya.

Baca juga: Webinar LTMPT, Ketua Forum Rektor: Pilih Kampus Harus Sesuai Passion

"Tentu dengan berasaskan adil ke semua. Jadi semua bisa ikut pada tiga jalur," imbuh Prof. Jamal yang juga Rektor UNS tersebut.

Dijelaskan, seleksi masuk PTN dibagi menjadi tiga jalur, yakni:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
  3. Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN.

Kiat sukses masuk PTN pilihan

Tips agar masuk PTN salah satunya memperbanyak latihan, yakni:

Menghadapi ujian tulis pada SBMPTN dan seleksi mandiri perlu persiapan mental. Banyak siswa yang gagal diterima PTN disebabkan karena gugup dan grogi saat mengerjakan soal tes.

Biasakan diri Anda dengan berbagai bentuk soal dengan cara memperbanyak latihan.

Bangun kepercayaan diri. Jangan pernah terjebak oleh rayuan atau iming-iming dari joki atau orang-orang yang menjanjikan lolos secara instan. Seleksi di PTN telah menerapkan berbagai strategi dan sistem monitoring untuk mencegah kecurangan.

Cara kenali minat dan kompetensi diri:

Banyak calon siswa yang gagal masuk PTN bukan disebabkan karena kurang pintar, tetapi karena strategi yang kurang tepat dalam memilih prodi.

Sebelum mendaftar seleksi PTN, siswa perlu menyadari minat pribadi. Atau bisa dengan bertanya kepada kakak kelas yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi.

Siswa yang ingin lolos PTN harus jeli mengenali kemampuan diri dan membandingkannya dengan prodi juga perguruan tinggi yang dipilih.

Kesimpulan

Tingkat keketatan seleksi masuk PTN selalu tinggi dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu harus kerja keras dengan niat yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com