Politeknik Kutaraja Raih Peringkat 90 Kinerja Kemahasiswaan

Kompas.com - 29/09/2020, 19:28 WIB
Politeknik Kutaraja Banda Aceh meraih peringkat 90 nasional kinerja kemahasiswaan dari 262 Politeknik di bawah Kemendikbud. DOK. Politeknik KutarajaPoliteknik Kutaraja Banda Aceh meraih peringkat 90 nasional kinerja kemahasiswaan dari 262 Politeknik di bawah Kemendikbud.

KOMPAS.com - Politeknik Kutaraja Banda Aceh meraih peringkat 90 nasional terkait kinerja kemahasiswaan, dari 262 Politeknik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud). Sebagai Politeknik termuda di Aceh, hal ini merupakan prestasi yang maju dan membanggakan.

"Sedangkan jumlah perguruan tinggi vokasi seluruhnya berjumlah 2.128," kata Wakil Direktur III Politeknik Kutaraja, Hamdani dalam keterangannya, melansir laman Politeknik Kutaraja, Selasa (29/9/2020).

Baca juga: Gandeng Nila Tanzil, Tanoto Foundation Ajak Orangtua Tingkatkan Minat Baca Anak

Hamdani menyebutkan, kriteria yang menjadi penilaian mulai dari aspek kelembagaan atau institusi hingga kegiatan kemahasiswaan yang bersifat non akademik. Misalnya kegiatan lomba, kompetisi, pertukaran mahasiswa, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

"Kegiatan yang dinilai adalah kegiatan tahun sebelumnya yang dilaporkan perguruan tinggi melalui Sistim Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) yang dikelola Ditjen Belmawa Kemdikbud RI," jelas dia.

Hamdani merasa bersyukur atas peringkat yang diperoleh Politeknik Kutaraja, ini menandakan bahwa Politeknik Kutaraja juga mampu bersaing secara nasional dalam bidang kemahasiswaan meskipun banyak PTS lain di Aceh.

"Namun demikian kedepan harus lebih kita tingkatkan lagi dengan beragam kegiatan dan prestasi lainnya diberbagai bidang," terang Hamdani.

Pada pertengahan Agustus lalu, tim mahasiswa peserta kompetisi debat bahasa Inggris Politeknik Kutaraja atau National University Debate Championship (NUDC) tahun 2020 yang terdiri Rizky Ardilla, Atikah Rizky dan Mauliana Safitri (Adjucator) berhasil masuk sebagai finalis bersama 112 perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Informasi tersebut berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat nomor : 1258/J3/TU/2020 tanggal 18 Agustus 2020 perihal National University Debate Championship.

Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud telah melakukan seleksi yang dilaksanakan dari tanggal 1 s.d 14 Agustus 2020. Untuk NUDC tingkat nasional akan dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 30 September 2020.

Baca juga: Tingkatkan Citra Pendidikan Vokasi, Dirjen Vokasi Luncurkan Akun Youtube

Dari LLDIKTI XIII Wilayah Aceh, selain Politeknik Kutaraja, finalis lainnya yaitu Politeknik Negeri Lhokseumawe, STKIP BBG, Universitas Malikussaleh, Universitas Muhammadiyah Aceh, dan Universitas Syiah Kuala.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X