Implementasikan OBE, 2 Prodi UGM Raih Akreditasi Internasional

Kompas.com - 29/09/2020, 18:03 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM) ShutterstockUniversitas Gadjah Mada (UGM)
|

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada ( UGM) kembali mendapatkan pengakuan dari lembaga akreditasi internasional Jerman, ASIIN.

Ada dua program studi (Prodi) yang mendapatkan pengakuan itu, yakni S1 Farmasi dan S2 Farmasi Klinik. Hal ini tentu menunjukkan kedua prodi tersebut berkualitas.

"Prodi S1 Farmasi dan S2 Farmasi Klinik telah terakreditasi internasional ASIIN sejak Juli 2020," ujar Dekan Fakultas Farmasi UGM, Prof. Apt., Agung Endro Nugroho, M.Si., Ph.D., saat menyampaikan Laporan Tahunan Dekan dalam Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-74 Fakultas Farmasi UGM yang digelar secara daring, Selasa (29/9/2020).

Baca juga: EWS UGM Bisa Prediksi 3 Hari Sebelum Terjadi Gempa Bumi

Menurut dia, perolehan akreditasi internasional tersebut menunjukkan bahwa kualitas pendidikan dan pengajaran telah memenuhi standar internasional.

Prof. Agung menjelaskan jika sejak 2017, prodi S1 Farmasi telah mengimplementasikan sistem pendidikan berbasis luaran atau Outcome Based Education (OBE) dan bermuara pada Profesi Apoteker.

Sedangkan pada kurikulum 2017 tersebut dilakukan pembaruan metode pembelajaran yang bercirikan integrasi soft skill.

Adapun kegiatan ekstrakurikuler diintegrasikan ke dalam kurikulum sebanyak 4 SKS. Sementara paparan kompetensi global dalam bentuk kegiatan kokurikuler sebanyak 7 SKS meliputi:

1. pendidikan karakter

2. keterampilan bahasa Inggris

3. Inggris untuk farmasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X