Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Minum Air Rebusan Bawang Putih dan Jahe Menurut Pakar

Kompas.com - 22/01/2024, 06:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Air rebusan bawang putih dan jahe secara ilmiah terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania menyampaikan, air rebusan bawang putih dan jahe itu dikenal sebagai jamu berbasis bawang putih.

"Biasanya (jamu bawang putih) akan lebih efektif kalau kita membuatnya dalam bentuk racikan campuran dengan herbal-herbal lain," kata Inggrid, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

Inggrid menyebutkan, air rebusan bawang putih tak hanya bisa dicampur jahe, tapi juga dapat dikombinasikan dengan bahan alami lain, seperti cuka apel, jeruk lemon, atau jeruk nipis.

Menurut Inggrid, manfaat air rebusan bawang putih dan jahe salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Khasiat jamu bawang putih ini bakal terasa jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

"Memang baik dikonsumsi setiap hari. Kalau sudah dikonsumsi setiap hari selama 3 bulan itu umumnya kita sudah bisa merasakan khasiatnya," terang dia.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat minum air rebusan bawang putih dan jahe lewat artikel berikut ini. 

Manfaat minum air rebusan bawang putih dan jahe setiap hari

Berikut Kompas.com merangkum manfaat minum air rebusan bawang putih dan jahe:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Ramuan bawang putih dengan jahe berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Minum air rebusan bawang putih dengan jahe mampu menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kadar gula tinggi. Gangguan kesehatan di atas termasuk faktor penyebab penyakit jantung.

Dilansir dari Healthline, penelitian pada 2014 mengungkapkan, konsumsi bawang putih efektif menurunkan kadar kolesterol total, LDL atau kolesterol jahat, gula darah, dan tekanan darah.

Penelitian lainnya juga menunjukkan, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol serta membantu mencegah aterosklerosis atau penumpukan lemak di arteri.

Studi lain pada 2017 yang melibatkan 4.628 peserta menemukan, konsumsi 1 gram jahe setiap hari mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan jantung koroner sebesar 8 persen dan 13 persen.

Baca juga: 7 Manfaat Susu Dicampur Bawang Putih, Apa Saja?

2. Menurunkan risiko kanker

Studi menunjukkan bahwa diet yang kaya bawang putih dan jahe dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker.

Khasiat ini diperoleh dari konsentrasi senyawa anti-inflamasi dan antioksidan di dalamnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com