Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan Kunyit dan Madu, Apa Saja?

Kompas.com - 19/01/2024, 15:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kunyit dan madu, keduanya telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan.

Kunyit memiliki senyawa penting yang disebut kurkuminoid. Sama seperti polifenol, kurkuminoid memiliki beberapa khasiat penyembuhan yang membuat kunyit sangat kuat, dikutip dari Times of India (23/2/2019).

Senyawa ini juga merupakan antioksidan yang sangat kuat dan mengandung sifat antiseptik, antibakteri, antijamur, serta antiinflamasi yang dapat membantu mengobati luka dan alergi.

Sementara itu, madu memiliki manfaat untuk melawan infeksi tanpa menimbulkan bakteri resisten seperti antibiotik modern. Banyak ilmuwan bahkan menyatakan, madu lebih kuat dibandingkan kebanyakan antibiotik konvensional.

Madu juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi, baik dengan cara mengoleskannya secara langsung atau pun dikonsumsi secara oral.

Lantas, apa manfaat minum air rebusan kunyit ditambah madu?

Baca juga: Ini 4 Kelompok Orang yang Sebaiknya Membatasi Minum Air Rebusan Jahe, Kunyit, dan Serai


Manfaat rebusan kunyit ditambah madu

Ilustrasi kunyit campur madu. Ramuan kunyit campur madu dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Namun, mengonsumsi berlebihan berpotensi memicu sejumlah efek samping.Freepik/azerbaijan_stockers Ilustrasi kunyit campur madu. Ramuan kunyit campur madu dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Namun, mengonsumsi berlebihan berpotensi memicu sejumlah efek samping.
1. Mengurangi peradangan

Kunyit dan madu, keduanya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat secara efektif mengurangi peradangan pada tubuh, dilansir dari Allo Health (14/7/2023).

Peradangan dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Kurkumin pada kunyit menghambat produksi molekul inflamasi, sedangkan madu mengandung flavonoid yang memiliki efek antiinflamasi.

Penelitian menunjukkan, kombinasi kunyit dan madu bisa lebih efektif dalam mengurangi peradangan dibandingkan hanya menggunakan satu bahan saja.

Hal ini lantaran madu dapat berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kurkumin kunyit sehingga lebih mudah dimanfaatkan oleh tubuh.

Selain itu, gula alami dalam madu memberikan sumber energi yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dalam membantu proses penyembuhan.

Baca juga: 4 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan Jahe, Kunyit, dan Serai, Apa Saja?

2. Melindungi dari radikal bebas

Kunyit dan madu memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi terhadap penyakit kronis.

Kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan kuat, sedangkan madu mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid.

Penelitian menunjukkan, kombinasi kunyit dan madu mungkin memiliki efek antioksidan yang lebih besar dibandingkan bila dikonsumsi secara terpisah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com