Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah di Balik Foto Ikonik Pemuda Bawa Bendera Palestina dan Katapel

Kompas.com - 10/11/2023, 18:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serangan Israel ke Gaza, Palestina yang meningkat sejak 7 Oktober 2023 memicu aksi protes dan perlawanan dari berbagai pihak.

Di media sosial X (dulu Twitter), foto sosok pemuda bertelanjang dada dengan bendera Palestina berkibar di tangan kanan dan senjata menyerupai katapel di tangan kiri kembali viral.

Foto tersebut merupakan hasil karya Mustafa Hassona saat memotret pengunjuk rasa di Jalur Gaza pada 22 Oktober 2018 silam.

"Pria di foto ini, A'ed Abo Amro, dikecam IDF (Pasukan Pertahanan Israel) hanya sebulan setelah foto ini viral karena menjadi simbol perlawanan," tulis akun @regrttes, Kamis (9/11/2023).

"Jangan pernah lupa bahwa ahed tamimi, plestia, dan setiap warga Palestina yang menentang Israel di depan umum adalah pahlawan sejati yang menghadapi risiko," lanjutnya.

Hingga Jumat (10/11/2023) siang, unggahan ini telah dilihat lebih dari 6,9 juta kali, disukai 213.000 pengguna, dan diunggah ulang oleh lebih dari 87.000 warganet.

Lantas, bagaimana kisahnya?

Baca juga: Dikaitkan dengan Semangka, Apa Makna Warna Bendera Palestina?


Foto diambil di tengah aksi protes warga Palestina

Dilansir dari Another Man Magazine, Kamis (18/4/2019), Aed Abu Amro baru berusia 20 tahun saat jurnalis foto Mustafa Hassona mengabadikan fotonya di Gaza pada Senin (22/10/2018).

Foto itu viral, dan bahkan banyak yang menyamakan dengan lukisan ikonik Revolusi Perancis karya Eugene Delacroix, Liberty Leading the People pada 1830.

Hassona, yang berasal dari Jalur Gaza, merupakan seorang fotografer di kantor berita Anadolu Agency.

Dia secara teratur mengunjungi daerah tersebut untuk meliput aksi protes mingguan dan beberapa kali mengalami kekerasan secara langsung.

"Warga Gaza pergi ke daerah perbatasan untuk memprotes pengepungan Israel," jelasnya melalui email kepada Another Man.

Menurutnya, puluhan orang datang setiap minggu untuk melakukan protes pencabutan blokade Israel di Gaza dengan berbagai cara, termasuk membakar ban dan membawa bendera Palestina.

"Pria di foto itu berdiri di depan saya, jadi saya mengambil fotonya. Saya tidak berbicara dengannya," ungkapnya.

Baca juga: Proyek Ambisius Israel, Berencana Bangun Tandingan Terusan Suez yang Lewati Gaza

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com