Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan Mata

Kompas.com - 17/10/2023, 08:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Mangga adalah tanaman tropis asli India dan Asia Tenggara, yang sudah sangat akrab bagi banyak orang.

Selain memiliki rasa yang manis, buah mangga juga memiliki profil nutrisi yang mengesankan dan bermanfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari laman Sight Research UK, buah tropis ini memberikan nutrisi yang baik untuk mendukung penglihatan optimal.

Ia dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang berperan penting dalam memperlambat perkembangan kondisi kehilangan penglihatan seperti degenerasi makula dan retinopati diabetik.

Memasukkan mangga ke dalam diet harian Anda adalah salah satu cara yang baik dan efektif untuk mendukung kesehatan mata.

Baca juga: 3 Efek Samping Mangga, Berapa Porsi Tepat untuk Tubuh?


Kandungan nutrisi buah mangga

Mangga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Mereka dapat berkontribusi terhadap kebutuhan harian akan beberapa nutrisi.

Dikutip dari laman Medical News Today, satu porsi mangga seberat 165 gram memberikan manfaat terhadap kebutuhan nutrisi harian orang dewasa sebagai berikut:

  • Vitamin C 67 persen
  • Vitamin A 10 persen
  • Folat 18 persen
  • Vitamin B6 12 persen
  • Kalium 6 persen.

Baca juga: Baik untuk Kesehatan Kulit, Berikut 7 Manfaat Daun Mangga

Salah satu fakta nutrisi yang paling mengesankan adalah bahwa porsi 165 gram mangga segar tersebut menyediakan hampir 67 persen kebutuhan harian untuk vitamin C.

Vitamin yang larut dalam air ini membantu sistem kekebalan Anda, membantu tubuh Anda menyerap zat besi, dan meningkatkan pertumbuhan sel. dan perbaikan.

Mangga juga merupakan sumber mineral tembaga dan folat yang baik, yang merupakan nutrisi penting selama kehamilan, karena mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Baca juga: 9 Manfaat Mangga untuk Kesehatan, Rendah Kalori hingga Penambah Imun

Manfaat mangga untuk kesehatan mata

Ilustrasi manfaat buah mangga untuk kesehatan mata.iStockphoto/PeopleImages Ilustrasi manfaat buah mangga untuk kesehatan mata.

Mangga penuh dengan nutrisi yang membantu mendukung kesehatan mata. Dua nutrisi utama yang dikandungnya adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Dilansir dari laman Healthline, kedua kandungan tersebut terkonsentrasi di retina mata, bagian yang mengubah cahaya menjadi sinyal ke otak untuk menafsirkan apa yang dilihat.

Nutrisi tersebut terutama terkonsentrasi di bagian tengah retina, yang disebut makula.

Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami, dan berfungsi menyerap cahaya berlebih, dan melindungi mata Anda dari cahaya biru yang berbahaya.

Baca juga: Khasiat Buah Pare untuk Menurunkan Kolesterol Menurut Penelitian

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com