Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Ginjal seperti Dialami Vidi Aldiano

Kompas.com - 26/09/2023, 19:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - penyanyi Vidi Aldiano mengidap penyakit kanker ginjal stadium tiga dan kini sudah menyebar ke beberapa titik bagian tubuhnya.

Karena penyakit tersebut, kini Vidi harus rajin mengunjungi rumah sakit setiap tiga minggu sekali untuk mendapat perawatan khusus.

"Mungkin banyak yang belum tahu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik," tulis Vidi di akun Instagram-nya dikutip Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Baca juga: 12 Gejala Kanker Ginjal, Penyakit yang Diidap Vidi Aldiano

Pasien kanker ginjal

Penyakit kanker ginjal seperti yang dialami Vidi termasuk salah satu tipe kanker yang banyak dialami oleh manusia. Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui penyebab, gejala, risiko, dan pengobatan penyakit ini.

Dikutip dari situs Indonesia Cancer Care Community (ICCC), terdapat 2.394 pasien dan 1.358 kematian akibat kanker ginjal pada 2020 di Indonesia.

Lebih dari separuh pasien terdiagnosis kanker ginjal stadium lanjut di antara usia 65 dan 74 tahun.

Sementara itu, data Global Cancer Observatory (GLOBOCAN) menempatkan kanker ginjal sebagai penyakit yang menyebabkan kematian ke-22 terbanyak di Indonesia sepanjang 2020.

Penyakit ini juga berada di peringkat ketujuh sebagai tipe kanker yang paling banyak diderita laki-laki di dunia.

Lalu, apa penyebab, gejala, risiko, dan pengobatan yang dialami oleh penderita kanker ginjal?


Apa itu kanker ginjal?

Kanker ginjal diklasifikasikan dalam 4 stadium. Ketika kanker ginjal stadium III, tumor bisa tumbuh di luar ginjal, seperti paru-paru dan otak.science alert Kanker ginjal diklasifikasikan dalam 4 stadium. Ketika kanker ginjal stadium III, tumor bisa tumbuh di luar ginjal, seperti paru-paru dan otak.

Kanker ginjal atau disebut juga kanker sel ginjal merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang bagian ginjal manusia. Penyakit ini umum dialami orang lanjut usia di atas 60 tahun.

Dilansir dari Institut Kanker Nasional AS (NIH), kanker ginjal merupakan kanker yang awalnya muncul pada lapisan saluran kecil di ginjal yang bernama tubulus ginjal.

Tubulus ginjal merupakan wadah berbentuk seperti tabung yang berada di dua ginjal. Tubulus berfungsi menyaring dan membersihkan darah yang mengalir keseluruh tubuh.

Penyakit ini muncul saat sel-sel menyerang bagian tubulus ginjal. Umumnya, kanker ini hanya akan menyerang satu ginjal. Namun, ada juga pasien yang mengalami kanker di kedua ginjalnya.

Ginjal sendiri berfungsi membuang mengeluarkan limbah dalam tubuh dan menghasilkan urine. Urine mengalir dari masing-masing ginjal melalui ureter menuju kandung kemih. Kandung kemih menahan urin hingga melewati uretra kemudian keluar dari tubuh.

Baca juga: Dampak Bahaya Kurang Tidur: Badan Mudah Sakit dan Risiko Kanker

Penyebab kanker ginjal

Dikutip dari Mayo Clinic, kanker ginjal belum diketahui jelas penyebabnya saat ini. 

Dokter sebatas mengetahui kanker ginjal terjadi saat beberapa sel ginjal mengalami mutasi pada DNA. DNA sel merupakan bagian yang mengatur pergerakan sel.

DNA sel ginjal yang bermutasi membuat  sel tersebut tumbuh dan membelah dengan cepat.

Sel-sel abnormal ini juga akan bergabung membentuk tumor yang dapat meluas ke sekeliling ginjal. Beberapa sel yang pecah bahkan dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan menimbulkan kanker.

Baca juga: Bagaimana Merokok Dapat Menyebabkan Kanker?

Gejala kanker ginjal, di antaranya sakit di bagian pinggang

Ilustrasi pasien yang menderita batu ginjal. dok Shutterstock/New Africa Ilustrasi pasien yang menderita batu ginjal.

Dikutip dari Kompas.id, Koordinator Bidang Ilmiah Ikatan Ahli Urologi Indonesia Lukman Hakim mengatakan salah satu gejala kanker ginjal yang paling umum dialami pasien adalah sakit di bagian pinggang.

Lukman yang juga Kepala Staf Medik Urologi Rumah Sakit Universitas Airlangga menyebutkan, rasa sakit ini biasanya muncul tiba-tiba.

Sementara itu, untuk membedakan gejala kanker ginjal dengan sakit pinggang biasa, Lukman memberikan informasi lebih rinci.

”Nyerinya (kalau kanker ginjal) lebih menjalar. Dari perut sebelah kanan bagian depan bisa menjalar ke pinggang belakang. Sementara pada sakit pinggang biasa ya nyeri sebatas di pinggang saja,” kata Lukman.

Selain sakit pinggang, gejala lain dari kanker ginjal adalah air kencing berwarna merah atau berdarah. Hal itu karena benjolan kanker rapuh dan mudah berdarah, maka bisa muncul kencing darah. 

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com