Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kotoran Udang Boleh Dimakan? Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 26/09/2023, 15:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan yang menegaskan perihal kotoran udang boleh dimakan ramai di media sosial.

Unggahan itu salah satunya dimuat di salah satu akun Twitter (X) @tanyar*** pada Senin (25/9/2023).

"Ga ngikutin kasus ini tp iseng buka ignya, jadi ksl aja gatau knp pas liat sg ini. and diliat” nyenggol duluan terus," tulis pengunggah.

Hingga Selasa (26/9/2023) siang, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 1,2 juta kali dan mendapatkan lebih dari 1.270 komentar dari warganet.

Lantas, bolehkah kotoran udang dimakan?

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang?


Baca juga: Selain Udang Asal Sulawesi, Ini 5 Hewan di Indonesia yang Terancam Punah

Penjelasan ahli

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan menyampaikan bahwa kotoran pada udang tersimpan di kepala dan kotoran tersebut harus dibersihkan.

"Jadi, cara sehat untuk mengonsumsi udang adalah membuang bagian kepalanya," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (26/9/2023).

"Mengapa? Ini karena yang namanya kotoran dalam hewan bagaimanapun bahaya karena mengandung bakteri. Dan oleh sebab itu, kotoran udang harus kita buang dan tidak boleh dimakan," tambahnya.

Ali menambahkan, kotoran udang sama halnya seperti kotoran pada ikan, ayam, kotoran pada hewan lainnya yang perlu dibuang atau dibersihkan sebelum dikonsumsi.

Baca juga: Pare Disebut Tidak Boleh Dimakan Bersama Udang, Teh, dan Manggis, Benarkah?

Bahaya kotoran udang

Sementara itu, ahli gizi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Toto Sudargo mengatakan, idealnya semua bahan makanan yang akan disimpan, terlebih yang akan segera dikonsumsi seharusnya sudah bersih, baik itu daging, telur, ikan, sayur dan buah.

"Terkait dengan udang, baik yang berasal dari laut maupun tambak, dan baik yang udang besar maupun kecil, agar aman dikonsumsi maka harus tetap dibersihkan," ujarnya terpisah.

Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan mikroorganisme yang ada dalam udang tersebut. Di mana mikroorganisme itu dapat menyebabkan sakit atau masalah kesehatan lainnya.

Toto melanjutkan, terkadang bukan hanya di kotoranya, bahkan di udangnya sendiri, di sela-sela kulit maupun kakinya masih terdapat kuman salmonella. Kuman ini dapat menyebabkan penyakit typoid atau tifus.

"Jadi untuk kotoran udang, ya tentu harus di bersihkan," terangnya.

Meski begitu, ia mengatakan, bila menemukan udang yang didalamnya masih terdapat sisa kotoran, maka udang masih boleh dimakan asalkan bagian yang terdapat kotorannya dibuang.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com