Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Richard The Lionheart, Raja Inggris yang Bersekutu Melawan Salahuddin

Kompas.com - 04/06/2023, 06:00 WIB
Susanto Jumaidi,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

Sumber Britannica

KOMPAS.com – Richard the Lionheart adalah raja Inggris yang memimpin selama periode 1189-1199.

Tokoh yang juga dikenal dengan nama Richard I ini merupakan Raja Inggris yang bersekutu melawan Salahuddin al-Ayyubi dalam Perang Suci atau Perang Salib.

Richard the Lionheart tidak berambisi terhadap keberlangsungan monarkinya di Inggris. Ia hanya memiliki satu ambisi besar yaitu memimpin Perang Salib dan merebut Yerussalem dari Salahuddin.

Selama memerintah Inggris, ia hanya sibuk menyiapkan segala kebutuhan peperangan termasuk menjual barang kerajaan untuk membeli senjata.

Berikut adalah biografi Richard the Lionheart serta kisahnya dalam Perang Suci.

Baca juga: Sejarah Kerajaan Inggris

Biografi Richard the Lionheart

Richard I dilahirkan pada tahun 1157 di Oxford, Inggris, dan wafat pada 1899. Ia merupakan putra ketiga dari pasangan Raja Henry II dan Eleanor.

Sejak kecil ia telah menunjukkan kecakapan bidang militer dan politik. Pada usia 11 tahun ia telah diamanati menjadi adipati di Poitiers.

Pada usia 12 tahun, ia juga telah terlibat dalam pemberontakan besar bersama saudara laki-lakinya yang ingin meruntuhkan kekuasaan ayahnya sendiri pada tahun 1772-1774.

Namun, upaya pemberontakan tersebut dapat diredam dan ia menerima pengampunan dari Raja Inggris berhati lapang itu.

Baca juga: 7 Ratu yang Pernah Memimpin Kerajaan Inggris

Beberapa tahun kemudian, ia kembali melakukan pemberontakan terhadap ayahnya dan bersekutu dengan Filipus II dari Perancis.

Akibat serang besar dan bertubi-tubi, akhirnya pada 1889 Raja Henry II harus takluk dan mengakui bahwa Richard the Lionheart sebagai pewaris tahtanya.

Selama kepemimpinannya inilah ia mulai menyiapkan segala kebutuhan untuk merebut Yerusalem yang telah ditaklukan oleh Salahuddin al-Ayyubi pada 1187.

Perang Salib III

Perang Salib III atau juga dikenal dengan nama Perang Suci merupakan peperangan antara raja-raja dengan latar keagamaan, antara kaum Kristen dan kaum Muslim.

Peperangan ini melibatkan beberapa kerajaan dan kekaisaran Eropa dengan motivasi merebut kekuasaan Kristen dan sebagainya.

Tiga tokoh besar dalam peperangan itu adalah Richard the Lionheart dari Inggris, Philip II dari Perancis, dan Barbarossa dari Jerman.

Baca juga: Kisah Cinta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com