Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan BPUPKI dan PPKI

Kompas.com - 26/03/2023, 19:00 WIB
Tri Indriawati

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - BPUPKI dan PPKI adalah dua badan yang dibentuk Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

BPUPKI merupakan kepanjang dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau dalam bahasa Jepang dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai.

Adapun PPKI adalah kepanjangan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau dalam bahasa Jepang dinamai Dokuritsu Junbi Inkai.

Baca juga: Pembahasan Utama dalam Sidang PPKI

Meski sama-sama bertugas mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, kedua badan ini memiliki perbedaan.

Berikut ini perbedaan BPUPKI dan PPKI:

Tanggal dan latar belakang pembentukan

BPUPKI dibentuk lebih awal daripada PPKI. Badan ini resmi dibentuk pada 29 April 1945, bertepatan dengan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito.

Jepang membentuk BPUPKI sebagai jalan memenuhi janji memberikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Saat itu, posisi Jepang sedang terdesak setelah kalah dalam Perang Asia Pasifik dan rakyat Indonesia semakin gencar melakukan pemberontakan untuk menuntut kemerdekaan.

Dalam kondisi terdesak, Jepang pun mengambil langkah untuk menenangkan rakyat Indonesia dengan iming-iming memberikan kemerdekaan. Salah satu langkahnya adalah dengan membentuk BPUPKI.

Dengan membentuk BPUPKI, Jepang juga berhasil bisa memenangi hati rakyat Indonesia sehingga bersedia membantu mereka di Perang Asia Pasifik melawan Sekutu.

Namun, perkiraan Jepang salah. Indonesia justru semakin matang menyongsong kemerdekaan lewat persiapan-persiapaan yang dilakukan BPUPKI.

Setelah selesai melakukan tugasnya, BPUPKI pun dibubarkan. Jepang kemudian membentuk PPKI pada 7 Agustus 1945 untuk melanjutkan misi mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Tujuan pembentukan

BPUPKI dibentuk Jepang dengan tujuan:

  • Menarik simpati rakyat Indonesia untuk membantu Jepang dalam melawan sekutu. Kala itu, Jepang menjanjikan kemerdekaan dan melaksanakan politik kolonial pada 1 Maret 1945.
  • Mempelajari dan menyelidiki sesuatu yang berhubungan dengan pembentukan negara Indonesia merdeka atau mengenai tata pemerintahan Indonesia merdeka.

Sementara itu, PPKI dibentuk dengan tujuan:

  • Meresmikan bagian pembukaan dan batang tubuh UUD 1945.
  • Melanjutkan hasil kerja BPUPKI, yaitu mempersiapkan pemindahan kekuasaan dari pemerintah pendudukan militer Jepang kepada bangsa Indonesia.
  • Mempersiapkan segala sesuatu menyangkut masalah ketatanegaraan negara Indonesia.

Tugas

Sesuai namanya, BPUPKI memiliki tugas utama untuk mempelajari dan menyelidiki hal penting yang berhubungan dengan berbagai hal menyangkut pembentukan negara Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com