Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hisaichi Terauchi, Panglima Jepang Penakluk Asia Tenggara

Kompas.com - 25/02/2022, 12:00 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hisaichi Terauchi adalah panglima tentara Jepang yang bertanggung jawab atas wilayah Asia Tenggara selama Perang Dunia II.

Di usia yang masih terbilang sangat muda, yakni 20 tahun, ia telah menjadi perwira junior dalam Perang Rusia-Jepang (1904-1905).

Hisaichi Terauchi juga sempat menjabat sebagai Menteri Angkatan Darat Sementara di Kabinet Perdana Menteri Koki Hirota pada 1936.

Baca juga: Daftar Nama Lembaga pada Masa Pendudukan Jepang

Masa muda

Hisaichi Terauchi lahir di Tokyo, Jepang, pada 8 Agustus 1879. Ia merupakan putra tertua Perdana Menteri Jepang ke-9, Masatake Terauchi.

Ketika berusia empat tahun, ia dikirim ke rumah bibinya di Yamaguchi, karena ayahnya ditugaskan di Perancis.

Hisaichi dan keluarganya kembali ke Tokyo saat tugas ayahnya di Perancis selesai. Pada usia 20 tahun, ia lulus dari Akademi Angkatan Darat Kekaisaran Jepang.

Setelah itu, ia menjabat sebagai perwira junior dalam Perang Rusia-Jepang. Usai perang, ia melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf Angkatan Darat dan lulus pada tahun 1909.

Pada 1912, Hisaichi dikirim sebagai atase militer ke Austria-Hongaria, dan ke Jerman dua tahun kemudian.

Baca juga: Misi Iwakura, Upaya Modernisasi Jepang

Karier militer

Berkat kepiawaiannya dalam bidang militer, Hisaichi Terauchi dipromosikan menjadi letnan kolonel pada November 1916.

Ia bergabung dalam Resimen Infanteri ke-2 IJA pada September 1917. Setahun setelahnya, ia bekerja di beberapa pos administratif di Staf Umum Angkatan Darat Kekaisaran Jepang.

Setelah diangkat menjadi kolonel pada 1919, Hisaichi mulai menjabat sebagai komandan batalyon Infanteri Pengawal ke-3 pada 1920.

Tiga tahun kemudian, ia diangkat sebagai kepala staf pengawal kekaisaran dan naik jabatan menjadi mayor jenderal pada 1924.

Pada Agustus 1927, Hisaichi menjabat sebagai kepala staf tentara terpilih di Korea. Dua tahun berselang, ia kembali naik pangkat menjadi letnan jenderal dan ditugaskan sebagai komando Divisi 5 IJA di Hiroshima.

Pada Januari 1932, ia dipindah ke Divisi 4 IJA yang ada di Osaka dan dipercaya memimpin Angkatan Darat Taiwan Jepang pada Agustus 1934.

Baca juga: Perang Jepang dan Rusia: Penyebab, Pertempuran, dan Dampak

Memimpin penaklukkan Asia Tenggara

Setelah diangkat menjadi jenderal pada Oktober 1935, Hisaichi Terauchi sempat menjabat sebagai Menteri Angkatan Darat sementara di Kabinet Perdana Menteri Koki Hirota.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com