Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumber-sumber Polutan pada Perairan

Kompas.com - 19/11/2023, 19:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Polutan adalah bahan-bahan yang berasal dari alam atau bersifat asing yang memasuki suatu tatanan ekosistem sehingga peruntukan ekosistem tersebut terganggu

Pencemaran perairan merupakan masalah utama penyebab rusaknya ekosistem perairan. Sumber polutan diperairan berasal dari limbah organik dan anorganik

Lantas, berupa apakah polutan yang masuk ke perairan?

Adapun sumber-sumber polutan yang dapat mencemari perairan di antaranya:

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Polutan?

Limbah pertanian

Pupuk dan pestisida umumnya kerap digunakan dalam suatu sistem pertanian, namun ternyata pupuk dan pestisida dapat menjadi polutan bagi perairan apabila digunakan secara berlebihan.

Limbah pupuk mengandung fosfat yang dapat merangsang pertumbuhan gulma air, di mana gulma air adalah tanaman liar atau sejenis tanaman penganggu yang hidup di air.

Apabila pertumbuhannya tidak terkendali, maka gulma air dapat menyebabkan turunnya kadar oksigen di perairan sehingga mengganggu produksi organisme dalam perairan tersebut.

Selain itu, limbah pertanian juga dapat menimbulkan eutrofikasi yang disebabkan karena akumulasi bahan-bahan organik seperti sisa tumbuhan yang membusuk.

Baca juga: Pengertian, Jenis, dan Dampak Eutrofikasi

Limbah rumah tangga

Limbah rumah tangga terdiri dari limbah organik dan anorganik, umumnya limbah organik berupa limbah yang dapat diuraikan oleh bakteri, sedangkan limbah anorganik.

Kedua jenis limbah tersebut dapat memberi dampak negatif apabila dibuang ke perairan dan akan menurunkan kualitas suatu perairan.

Limbah organik yang dibuang ke perairan dapat menyebabkan berkurangnya jumlah oksigen terlarut, karena sebagian besar oksigen digunakan oleh bakteri dalam proses penguraiannya.

Sedangkan limbah anorganik yang dibuang ke perairan dapat menyebabkan terganggunya proses fotosintesis dari tumbuhan air seperti alga atau fitoplankton yang menghasilkan oksigen, sebab limbah anorganik menghalangi masuknya sinar matahari ke perairan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Pencemaran Air?

Limbah industri

Limbah industri berasal dari bermacam-macam pabrik termasuk industri makanan dan minuman, penyulingan minyak, perhiasan logam, pabrik baja/logam, pabrik kertas serta pabrik kimia organik maupun anorganik lainnya.

Limbah industri sangat berpotensi sebagai penyebab terjadinya pencemaran suaru perairan. Umumnya, limbah industri mengandung limbah B3, yatu suatu bahan beracun dan berbahaya.

Contoh polutan yang terkandung di dalam limbah industri di antaranya logam berat Cd, Hg, Cu, Zn, dan sebagainya.

Baca juga: Limbah B3: Pengertian, Karakteristik, dan Cara Penanganannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com