Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Lingkungan dan Upaya Pelestarian Kekayaan Alam

Kompas.com - 17/04/2024, 06:00 WIB
Eliza Naviana Damayanti,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia dapat menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan, bahkan dapat mengganggu keseimbangan alam. 

Hal tersebut dapat terjadi apabila pemanfaatan sumber daya alam dilakukan secara tidak bijak.

Contoh ketidakbijakan pemanfaatan sumber daya alam

Berikut contoh pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan secara tidak bijak:

  • Penebangan dan pembakaran hutan secara liar

Hutan memiliki fungsi penting dalam kehidupan manusia. Pemanfaatan hutan yang dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan fungsi hutan.

Banyak orang-orang tidak bertanggung jawab yang melakukan pernebangan dan pembakaran hutan secara liar untuk kepentingan pribadi.

Akibat dari kegiatan tersebut ialah hutan menjadi gundul. Gundulnya hutan dapat menyebabkan bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan mengeringnya sumber mata air.

Hutan yang gundul juga menyebabkan berkurangnya satwa-satwa langka yang ada di hutan. Hal tersebut menunjukkan terganggunya ekosistem hutan

  • Penggunaan pestisida dan bahan-bahan kimia secara berlebihan 

Penggunaan pestisida dalam kegiatan pertanian dapat meningkatkan hasil pertanian dan menguntungkan petani. Namun, penggunaan pestisida yang berlebihan dapat menganggu keseimbangan ekosistem. 

Baca juga: Contoh Kegiatan Ekonomi yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam

Pertanian monokultur yang memanfaatkan pestisida berlebihan dapat menyebabkan penurunan keanekaragaman organisme. Selain penggunaan pestisida yang berlebihan, penggunaan bahan kimia seperti deterjen atau bahan kimia untuk industri juga dapat menganggu keseimbangan ekosistem.

  • Eksploitasi sumber daya laut

Penangkapan hasil laut menggunakan bom, racun, dan alat-alat yang dilarang (pukat harimau) dapat menyebabkan kerusakan serta terganggunya keseimbangan ekosistem laut. Perilaku tersebut dapat mematikan biota laut serta menyebabkan rusaknya terumbu karang.

  • Perpindahan penduduk

Perpindahan penduduk dari desa ke kota menyebabkan kepadatan penduduk di kota. Kepadatan penduduk akan memicu terbentuknya pemukiman kumuh. Lingkungan kotor di pemukiman kumuh dapat memengaruhi kualitas kesehatan manusia dan menyebabkan peningkatan pencemaran lingkungan.

  • Penggunaan kendaraan bermotor

Meningkatnya pengguna kendaraan bermotor membutuhkan banyak bahan bakar. Pembakaran bahan bakar tersebut menghasilkan gas karbon dioksida yang mencemari udara.

  • Perburuan liar

Penyebab terjadinya kepunahan hewan dan tumbuhan adalah perburuan liar. Jika tidak dihentikan, perburuan liar dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.

  •  Perusakan terumbu karang

Keindahan terumbu karang membuat banyak orang ingin mengambilnya. Akibatnya ekosistem laut menjadi terganggu, karena terumbu karang merupakan rumah bagi biota laut.

Baca juga: Sumber Daya Alam Non Hayati: Jenis dan Sumbernya

Upaya pelestarian kekayaan alam

Terdapat beberapa upaya untuk melestarikan kekayaan alam. Upaya ini dapat dilakukan sebagai pencegahan sekaligus penanggulangan perubahan lingkungan.

Upaya-upaya tersebut, sebagai berikut:

  • Memanfaatkan hutan dengan sistem tebang pilih.
  • Melakukan peremajaaan tanaman yaitu mempersiapkan tanaman pengganti bagi tanaman yang sudah tidak produktif.

 

Referensi:

  • Indarti Komala Dewi, E. S. (2016). Mitigasi Bencana Sebagai Bahan Pembelajaran IPA dan IPS pada Kurikulum 2013 untuk Jenjang Pendidikan Dasar Kelas 5. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 8, No. 1.
  • Nurjanah, E. (2017). Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Tema Kayanya Negeriku Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dengan Model Problem Based Learning. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan Bandung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com