Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kewajiban dan Hak terhadap Sumber Daya Alam

Kompas.com - 05/04/2024, 06:00 WIB
Eliza Naviana Damayanti,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sumber daya adalah segala sesuatu yang terdapat di alam yang dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan.

Manusia memiliki kewajiban dan hak terhadap sumber daya alam. Kewajiban dan hak harus dilakukan dengan seimbangan.

Pembahasan mengenai kewajiban dan hak terhadap sumber daya alam dapat diuraikan sebagai berikut:

Kewajiban terhadap sumber daya alam

Ada beberapa kewajiban kita sebagai manusia terhadap sumber daya alam, yaitu:

  • Merawat dan melestarikan

Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk merawat dan melestarikan sumber daya alam. Ini termasuk menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi polusi, dan tidak merusak ekosistem alam.

  • Mematuhi peraturan

Warga negara harus mematuhi semua peraturan yang berkaitan dengan penggunaan dan perlindungan sumber daya alam. Ini termasuk aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti tentang pengelolaan hutan, perairan, dan lain sebagainya.

  • Berpartisipasi dalam pelestarian

Warga negara diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan pelestarian alam, baik itu dalam bentuk penghijauan, kegiatan sosial lingkungan, atau program-program perlindungan sumber daya alam yang diselenggarakan oleh pemerintah atau organisasi non-pemerintah.

Baca juga: 10 Cara Melestarikan Sumber Daya Alam

Hak terhadap sumber daya alam

Beberapa hak yang harus Kita lakukan sebagai manusia terhadap sumber daya alam, yaitu:

  • Hak untuk menikmati

Setiap warga negara memiliki hak untuk menikmati sumber daya alam yang ada sesuai dengan kebutuhan hidupnya, seperti udara bersih, air bersih, dan lingkungan yang sehat.

  • Hak untuk dilindungi

Warga negara memiliki hak untuk dilindungi dari aktivitas yang merusak atau mengancam sumber daya alam. Pemerintah bertanggung jawab untuk melindungi hak-hak tersebut dengan mengatur dan menegakkan peraturan yang berkaitan.

  • Hak untuk terlibat dalam pengelolaan

Warga negara memiliki hak untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan terkait pengelolaan sumber daya alam.

Ini berarti mereka memiliki hak untuk memberikan masukan, pendapat, atau kritik terhadap kebijakan atau program-program yang berkaitan dengan sumber daya alam.

Baca juga: Pengertian Sumber Daya Alam dan Contohnya

Penting untuk dipahami bahwa kewajiban dan hak terhadap sumber daya alam merupakan bagian penting dari tanggung jawab sebagai warga negara yang peduli terhadap lingkungan dan keberlanjutan hidup di planet ini.

Melalui pemahaman dan pelaksanaan kewajiban dan hak ini, diharapkan dapat tercipta keseimbangan yang baik antara pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam demi kesejahteraan bersama.

 

Referensi:

  • Nurjanah, E. (2017). Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Tema Kayanya Negeri Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dengan Model Problem Based Learning. FKIP Unpas.
  • Risa, N. (2020). Pengembangan Modul PPKn Tema 9 Subtema 2 Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia Kelas IV MI. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com