Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Sosial Akibat Pengaruh Perubahan Sosial

Kompas.com - 24/04/2024, 04:00 WIB
Eliza Naviana Damayanti,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comGejala sosial merupakan fenomena sosial yang dapat diamati dalam kehidupan masyarakat.

Gejala sosial muncul karena pengaruh perilaku masyarakat. Perilaku masyarakat menyangkut proses interaksi sosial antarindividu, individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok.

Gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat secara umum dapat dibedakan menjadi dua bentuk. Pertama, gejala sosial positif. Jenis gejala ini mempengaruhi munculnya fenomena-fenomena sosial yang bersifat positif pula.

Kedua, gejala sosial yang bersifat negatif. Jenis gejala ini mempengaruhi munculnya fenomena-fenomena sosial yang bersifat negatif.

Terdapat berbagai gejala sosial dalam masyarakat berdasarkan penyebabnya. Ada gejala sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial, penyimpangan sosial, dan perkembangan zaman heterogenitas sosial. 

Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi dalam masyarakat berkaitan dengan perilaku, nilai sosial yang dipegang, dan norma yang dijalankan oleh masyarakat.

Baca juga: 3 Faktor Internal yang Memengaruhi Terjadinya Perubahan Sosial

Perubahan yang dialami oleh masyarakat dapat dipicu oleh berbagai gejala sosial seperti berikut:

Globalisasi diartikan sebagai proses yang menghasilkan dunia tunggal sehingga masyarakat seluruh dunia menjadi saling terhubung disemua aspek kehidupan.

Globalisasi dikatakan sebagai sistem ekonomi dan budaya global yang menyebabkan manusia diseluruh dunia menjadi kesatuan masyarakat tunggal. Globalisasi dalam bidang ekonomi ditandai dengan kemunculan berbagai perusahaan multinasional diberbagai negara.

Dampak positif bagi masyarakat adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena perusahaan multinasional menyediakan lapangan pekerjaan, meningkatkan konsumsi masyarakat karena ketersediaan barang yang beraneka ragam dan munculnya berbagai budaya baru yang digemari masyarakat.

Westernisasi merupakan kecenderungan untuk menjadi sama dengan perilaku masyarakat barat dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya.

Negara barat yang dimaksud dalam istilah ini mengacu pada negara maju dibelahan bumi barat. Jadi, bukan hanya pengaruh dari negara Amerika Serikat.

Westernisasi dapat melunturkan rasa nasionalisme seseorang, menghilangkan jati diri bangsa, dan mematikan kreativitas seseorang akibat peniruan budaya barat secara berlebihan.

Beberapa aspek yang mengindikasikan adanya westernisasi sebagai berikut:

    1. Berubahnya perilaku masyarakat
    2. Lunturnya jati diri bangsa dan budaya lokal
    3. Berubahnya cara hidup masyarakat

Pola hidup modern adalah proses pergeseran sikap, karakter, dan perilaku masyarakat sebagai upaya menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia terkini. Titik awal modernisasi paling terkenal adalah revolusi Inggris yaitu perubahan masyarakat agraris menjadi industry.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com