Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Kompas.com - 15/04/2024, 18:00 WIB
Astrid Riyani Atmaja,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat gerhana matahari? Saat terjadi gerhana matahari, langit akan menjadi lebih gelap. Tahukah kamu bagaimana proses terjadinya gerhana matahari? Simak dalam artikel ini, ya!

Gerhana matahari adalah kondisi ketika posisi matahari dan bulan terlihat sejajar dari bumi, sehingga cahaya matahari dihalangi oleh bulan. Hal ini dapat terjadi karena bulan dan bumi sama-sama berevolusi.

Revolusi adalah kondisi ketika benda langit berputar mengelilingi benda langit lainnya.

Dalam kasus gerhana matahari, planet bumi mengelilingi matahari sementara bulan adalah satelit bumi yang mengelilingi planet bumi.

Baca juga: Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi

Saat bumi dan bulan berevolusi, adakalanya kedua benda langit tersebut berada di posisi yang sejajar. Inilah yang menyebabkan gerhana matahari.

Gerhana matahari akan terjadi ketika posisi bulan berada di antara matahari dan bumi. Pada posisi tersebut, cahaya matahari yang seharusnya menyinari bumi akan dihalangi oleh bulan.

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa cahaya matahari bisa dihalangi oleh bulan yang ukurannya lebih kecil dari matahari dan menyebabkan gerhana matahari?

Hal tersebut disebabkan oleh jarak bulan dan matahari dari bumi yang berbeda.

Baca juga: Apakah Bulan Berputar?

Bulan memiliki jarak yang lebih dekat dengan bumi, yaitu sekitar 384.400 kilometer, sedangkan jarak matahari dengan bumi sekitar 150.07 juta kilometer.

Karena jarak matahari yang lebih jauh dari bumi, sebagian cahaya matahari dapat dihalangi oleh bulan yang posisinya lebih dekat dengan bumi. 

Namun, tidak semua wilayah di bumi bisa terdampak dari gerhana matahari karena posisi bulan hanya berada di bagian bumi tertentu saja.

Cahaya matahari yang datang dari sisi lain dan tidak terhalang oleh bulan masih dapat sampai ke bumi.

Baca juga: Lautan Bulan: Dataran Rendah yang Luas di Bulan

Contohnya dapat dilihat pada gerhana matahari total yang terjadi pada tanggal 8 April 2024 kemarin.

Pada fenomena tersebut, hanya beberapa wilayah saja yang dapat melihat gerhana matahari, yaitu di kota Dallas dan sebagian kecil negara-negara di Benua Amerika Utara.

Referensi:

  • How Eclipses Work. Retrieved 14 April 2024, from NASA: https://eclipse2017.nasa.gov/how-eclipses-work
  • The Science Mission Directorate. (n.d.). 2024 Total Eclipse: Where & When. Retrieved 14 April 2024, from NASA: https://science.nasa.gov/eclipses/future-eclipses/eclipse-2024/where-when/
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com