Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mencegah Pencemaran Air?

Kompas.com - 10/03/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pencemaran air termasuk pencemaran lingkungan hidup. Kondisi air yang tercemar sangat berbahaya bagi makhluk hidup, baik organisme yang tinggal di dalamnya, maupun manusia.

Dikutip dari buku Kesehatan Lingkungan (2010) karya Arif Sumantri, pencemaran air adalah kondisi menurunnya kualitas air sampai ke tingkat tertentu, yang menyebabkan air tidak bisa digunakan untuk berbagai kepentingan.

Ada dua penyebab utama pencemaran air, yakni alam dan aktivitas manusia.

Contoh pencemaran air yang disebabkan alam adalah banjir lahar dingin akibat erupsi gunung berapi. Sedangkan contoh pencemaran air akibat aktivitas manusia ialah air yang keruh dan berbau karena tumpukan sampah.

Lantas, bagaimana cara mencegah pencemaran air?

Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah pencemaran air:

Tidak membuang sampah di sumber air

 

Menurut Bunasor Sanim dalam buku Sumber Daya Air dan Kesejahteraan Publik (2011), salah satu cara mencegah pencemaran air ialah tidak membuang sampah di sumber air.

Baca juga: Pencemaran Air dan Cara Mengatasinya

Sampah yang dibuang di sumber air, seperti sungai, danau, dan rawa, tidak hanya menyebabkan pencemaran air, melainkan turut menjadi penyebab bencana, misalnya banjir dan tanah longsor.

Sebab itu, buanglah sampah pada tempatnya. Jangan membuang sampah sembarangan, termasuk area sumber air. Karena bisa menimbulkan pencemaran dan menyebabkan bencana.

Mengolah air limbah

Pengolahan air limbah juga sangat penting untuk mencegah pencemaran air. Pengolahan dilakukan untuk membersihkan air dari berbagai zat atau organisme berbahaya.

Biasanya proses pengolahan ini dilakukan dengan bantuan mesin atau teknologi. Setelah diolah, air limbah biasanya dibuang atau dialirkan ke tempat yang sudah ditentukan.

Menggunakan bahan ramah lingkungan

Upaya pencegahan pencemaran air juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan ramah lingkungan. Contohnya detergen ramah lingkungan.

Penggunaan bahan ramah lingkungan bisa mencegah pencemaran air, dan membuat lingkungan sekitar menjadi lebih sehat, aman, dan nyaman.

Baca juga: Pencemaran Udara: Dampak dan Solusi

Rutin membersihkan daerah sumber air

Membersihkan daerah sumber air secara rutin juga bisa dilakukan sebagai cara mencegah pencemaran air.

Selain itu, pembersihan daerah sumber air juga bisa meminimalisasi timbulnya penyakit atau bencana yang disebabkan aktivitas manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com