Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bentuk Pelanggaran HAM Ringan

Kompas.com - 03/04/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - HAM adalah singkatan dari Hak Asasi Manusia, yakni hak dasar yang dimiliki semua manusia, tanpa terkecuali.

Secara garis besar, ada dua jenis pelanggaran HAM, yakni pelanggaran HAM ringan, dan berat. Adapun salah satu contoh pelanggaran HAM berat adalah membunuh.

Apa saja bentuk pelanggaran HAM ringan?

Contoh pelanggaran HAM ringan

Tawuran antar pelajar dua sekolah terjadi di Kampung Bedeng, Desa Selawangi, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/1/2024). Akibatnya, seorang pelajar berinisial MR (17) tewas kena bacok.Dok. Polsek Tanjungsari Tawuran antar pelajar dua sekolah terjadi di Kampung Bedeng, Desa Selawangi, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/1/2024). Akibatnya, seorang pelajar berinisial MR (17) tewas kena bacok.

Menurut Idik Saeful Bahri dalam buku Konsep Dasar Ilmu Hukum dan Ketatanegaraan Indonesia (2023), berikut pengertian pelanggaran HAM ringan:

"Pelanggaran HAM ringan adalah semua bentuk pelanggaran HAM yang tidak mengancam keselamatan jiwa manusia, namun bisa jadi sangat berbahaya bila tidak segera diatasi."

Baca juga: 4 Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM

Berbeda dengan pelanggaran HAM berat yang sangat membahayakan dan mengancam jiwa manusia, pelanggaran HAM ringan dipandang jauh lebih tidak berbahaya.

Walau begitu, apabila pelanggaran ini tidak segera diatasi, akan ada dampak besar yang bisa jadi jauh lebih membahayakan korbannya.

Dikutip dari situs Fakultas Hukum UMSUsalah satu bentuk pelanggaran ham ringan adalah pencemaran nama baik.

Contoh pelanggarannya, yakni menyebarluaskan informasi negatif yang dapat merusak reputasi seseorang.

Contoh pelanggaran HAM ringan, yakni perusakan terhadap sesuatu, seperti penghancuran atau perusakan properti tanpa izin.

Baca juga: Makna Hak Asasi Manusia (HAM)

Main hakim sendiri juga termasuk salah satu bentuk pelanggaran HAM ringan. Biasanya ini terjadi lantaran masyarakat sudah terlanjur terpancing emosinya.

Selain tiga contoh pelanggaran HAM ringan di atas, bentuk pelanggaran HAM ringan lainnya adalah bentrok, yaitu konflik fisik antara dua kelompok atau individu.

Bentrok dapat menimbulkan kerugian dan jelas sangat melanggar HAM (Hak Asasi Manusia) jika tidak segera diatasi.

Terakhir, contoh pelanggaran HAM ringan lainnya ialah tawuran, yakni bentrokan antarkelompok atau individu yang mengakibatkan timbulnya kekerasan fisik.

Jika disimpulkan, lima bentuk pelanggaran HAM ringan adalah:

Baca juga: 4 Faktor Internal Penyebab Pelanggaran HAM

  • Pencemaran nama baik
  • Perusakan terhadap sesuatu
  • Main hakim sendiri
  • Bentrok antarmasyarakat
  • Tawuran.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com