Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Ilmu Sejarah, Perkembangan, dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 25/09/2023, 03:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejarah merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Konsep sejarah mengacu pada konsep waktu, terutama waktu yang telah lampau.

Sejarah memberikan wawasan tentang kegagalan dan keberhasilan manusia, memberikan pelajaran berharga yang dapat diterapkan pada masa sekarang.

Dengan pemahaman sejarah, kita dapat melihat bagaimana peradaban manusia telah mengatasi tantangan, mengalami perubahan, dan berevolusi dari masa ke masa.

Untuk itu, berikut penjelasan mengenai ilmu sejarah beserta perkembangan dan ciri-cirinya.

Baca juga: Mengapa Sejarah Disebut sebagai Guru Kehidupan?

Pengertian ilmu sejarah

Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian.

Moh. Yamin berpendapat bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Sebagai suatu ilmu, sejarah terikat pada prosedur penelitian ilmiah dengan penalaran yang berstandar pada fakta, di mana melalui metode ilmiah fakta-fakta masa lalu tersebut dikaji.

Tujuannya adalah untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitian tersebut, untuk selanjutnya dijadikan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

Konsep sejarah sebagai suatu peristiwa, membawa gambaran tentang suatu pengalaman masa lampau yang dapat dikaji dan dipahami hari ini, untuk memprediksi kejadian-kejadian sekarang dan akan datang.

Baca juga: Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Sejarah

Perkembangan ilmu sejarah

Secara periodik, ilmu sejarah memang sudah berlangsung sejak lama, dan terminologi sejarah-pun sudah amat tua, di mana dalam perkembangannya pun diwarnai konflik antartokohnya.

Adapun zaman-zaman telah yang dilalui dalam perkembangan ilmu sejarah antara lain:

  • Zaman Yunani dan Romawi
  • Zaman Kristen Awal dan Pertengahan
  • Zaman Renaisans, Reformasi, dan Kontra-Reformasi
  • Zaman Penemuan Daerah Baru
  • Zaman Rasionalisme dan Pencerahan

Sebagaimana manusia sebagai obyek sejarah, maka ilmu sejarah berkembang sejalan dengan kehidupan peradaban manusia.

Sejarah membangun peradaban merujuk pada peran penting yang dimainkan oleh peristiwa dan proses sejarah dalam membentuk dan mengembangkan peradaban manusia.

Peradaban merupakan konsep yang merujuk pada suatu entitas kultural seluruh pandangan hidup manusia yang mencakup nilai, norma, institusi, dan pola pikir terpenting dari suatu masyarakat yang terwariskan dari generasi ke generasi.

Baca juga: 3 Kaidah Ilmu Sejarah

Peradaban ini mengacu dalam berbagai aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang dicapai oleh suatu masyarakat dalam sejarahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com