Hipotesis Adanya "Planet Kesembilan" Alami Peningkatan

Kompas.com - 13/05/2024, 14:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Terdapat hipotesis mengenai adanya planet kesembilan dalam tata surya kita. Diduga planet tersebut memiliki sepuluh kali massa Bumi dan berada di garis terluar dari sistem.

Apakah hipotesis tersebut dapat diterima? Bagimana penjelasannya?

Baca juga: Mengenal Planet Sembilan, Obyek Misterius di Tata Surya

Hipotesis adanya planet sembilan

Pada tahun 2015, tim peneliti dari Caltech menemukan bukti matematis keberadaan sebuah planet yang massanya sepuluh kali lebih besar massa Bumi dan sedikit lebih kecil dari Neptunus.

Planet tersebut diperkirakan mengorbit matahari pada jarak yang sangat jauh, lebih dari 20 kali lebih jauh dari Neptunus (yang jaraknya lebih dari 30 kali dari Bumi).

Neptunus sampai saat ini masih diyakini sebagai planet terluar dari matahari, menurut laporan Newsweek.

Penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa Planet Sembilan ini membutuhkan waktu antara 10.000 dan 20.000 tahun Bumi untuk satu putaran orbit matahari, mengikuti jalur panjang berbentuk elips.

"Selama dua dekade terakhir, observasi telah mengungkap adanya orbit rumit dari objek-objek di Sabuk Kuiper. Selain sejumlah perilaku orbit yang mudah diprediksi, beberapa objek trans-Neptunus menunjukkan adanya fenomena yang tidak dapat dijelaskan hanya melalui interaksi dengan delapan planet tata surya saja," dikutip dari laporan Physics Reports tahun 2019.

Penelitian baru yang dilakukan oleh tim Caltech sebelumnya juga telah menemukan bukti tambahan yang mendukung keberadaan planet sembilan. Studi tersebut akan dipublikasikan di The Astrophysical Journal Letters, dikutip dari phys.org.