Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2024, 20:23 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Paus merupakan mamalia laut dengan tubuh yang sangat besar. Salah satu spesiesnya, yakni orca atau paus pembunuh (Orcinus orca), memiliki reputasi yang mengerikan. 

Reputasi tersebut terus berkembang ketika hewan ini menenggelamkan kapal di lepas pantai Iberia Eropa dan menyerang kapal di Skotlandia. 

Ternyata, meskipun orca memang memiliki reputasi menakutkan jika dibandingkan dengan hewan laut lainnya, mereka hampir tidak pernah menyerang manusia di alam liar, meski mereka telah menyerang dan membunuh manusia berkali-kali di penangkaran. 

Adakah kasus manusia ditelan oleh paus?

Meski paus orca memiliki reputasi yang menyeramkan, kasus "menelan" manusia justru pernah dilakukan oleh paus bungkuk. Seorang penyelam menjadi pemberitaan utama ketika ia selamat setelah "ditelan" oleh paus bungkuk di lepas pantai Cape Cod, Massachusetts. 

Michael Packard mengatakan kepada Cape Cod Times bahwa saat itu ia merasakan dorongan.

Baca juga: Ukuran Tubuh Paus Jadi Lebih Kecil karena Perubahan Iklim

"Hal berikutnya yang saya tahu, itu benar-benar hitam," kata Packard.

Ia ingat berjuang di dalam mulut paus selama sekitar 30 detik sebelum muncul ke permukaan setelah paus tersebut memuntahkannya. 

Nicola Hodgins dari Whale and Dolphin Conservation mengatakan, meskipun seekor paus bungkuk dapat dengan mudah memasukkan manusia ke dalam mulutnya yang berukuran sekitar 3 meter, secara ilmiah tidak mungkin bagi paus untuk menelan manusia yang ada di dalam mulutnya.

Tenggorokan paus bungkuk kira-kira berukuran seukuran kepalan tangan manusia dan hanya bisa meregang hingga diameter sekitar 38 cm. 

Dalam kasus Packard, ia kemungkinan masuk ke dalam mulut paus dan bukannya ditelan. Setelah paus menyadari kesalahannya, ia segera memuntahkannya.

Baca juga: Berburu Sendirian, Paus Orca Bunuh Hiu Putih Besar dalam 2 Menit

Mungkin ini pengalaman traumatis bukan hanya bagi Packard, tetapi juga bagi paus yang umumnya hanya memakan ikan.

Ini bukan pertama kalinya manusia, konon, berada di mulut ikan paus. Pada tahun 2020, para pembuat kayak dikabarkan "ditelan" seekor bungkuk yang sedang makan di California.

Meski demikian, secara ilmiah tidak mungkin bagi semua spesies paus, kecuali paus sperma, untuk menelan sesuatu yang sebesar manusia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com