Temuan Mengejutkan, Paus Biru Kawin dengan Spesies Lain

Kompas.com - 13/02/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Penelitian baru menunjukkan bahwa hubungan antarspesies juga terjadi di ekosistem laut.

Dalam studi itu, peneliti mengungkap ada perkawinan antara paus biru dengan paus sirip, yang ternyata lebih umum terjadi daripada yang kita duga sebelumnya.

Baca juga: Apakah Ada Hewan yang Lebih Besar dari Paus Biru?

Temuan tersebut didapat setelah peneliti melakukan pengurutan genom paus biru Atlantik Utara (Balaenoptera musculus musculus).

Mereka menemukan sekitar 3,5 persen DNA paus biru berasal dari spesies lain yaitu paus sirip (Balaenoptera physalus).

Peneliti tidak menyangka persentasenya akan setinggi itu.

Terlebih lagi, semua sampel paus biru yang diteliti saat ini memiliki setidaknya beberapa DNA paus sirip dalam genomnya. Fenomena ini disebut dengan introgresi.

"Hasil kami memberikan wawasan pertama mengenai struktur populasi dan sejarah demografi paus biru dari Atlantik Utara serta mendokumentasikan tingkat introgresi dengan paus sirip," tulis Sushma Jossey, peneliti dari Royal Ontario Museum dalam studinya.